Festival Layang-Layang Nasional Digelar di Pantai Parangkusumo

Yogyakarta - Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan mengadakan Festival Layang-layang Nasional 2010 di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, 18-19 September.

Ketua Panitia, Putu Kertayasa di Yogyakarta, Rabu (15/9) mengatakan festival ini sebagai bagian promosi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di tingkat nasional. "Semakin banyak kegiatan nasional bahkan internasional digelar akan berdampak positif bagi citra pariwisata DIY di masa mendatang," kata Putu Kertayasa yang juga menjabat Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata DIY.

Ia mengatakan Festival Layang-layang Nasional 2010 yang akan berlangsung di Pantai Parangkusumo tersebut juga menjadi kegiatan untuk menjaring wisatawan libur lebaran yang tengah berkunjung di Yogyakarta. "Kegiatan itu akan diikuti beberapa peserta dari luar DIY di antaranya Batam, Jabar, Jatim, DKI, dan beberapa peserta dari luar Jawa. Selain peserta dari lokal Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, pimpinan Cipta Karisma selaku pelaksana festival, Dwi Santoso mengatakan bahwa dipastikan 29 klub pelayang tingkat nasional akan menjadi peserta dalam kegiatan festival tersebut, ditambah 14 klub pelayang lokal DIY. "Jadi jumlah personel peserta festival mencapai 111 orang dan 20 orang dari klub lokal Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan dalam festival tersebut akan dilombakan kategori dua dimensi, kategori tiga dimensi, tradisional, train, rokaku Challenge dan Eksebhisi Layangan Kantong. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta masih diberi kesempatan sampai hari H pelaksaan festival digelar. Bagi calon peserta yang baru datang di Yogyakarta bisa langsung ikut mendaftar di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi DIY Jalan Malioboro 56 telepon (0274) 587486, katanya. (Ant/OL-04)

-

Arsip Blog

Recent Posts