Istri Raja Bulgaria Terpukau Batik Indonesia

London, Inggris - Madam Margarita Gomez-Acebo y Cejuela, istri raja terakhir dan mantan Perdana Menteri Bulgaria Simeon Saxe-Coburg-Gotha, terpukau oleh keindahan batik dan songket Indonesia dalam peragaan bertajuk "Beautiful Indonesian Batik" di Wisma Duta, Sofia, Bulgaria.

Menurut Sekretaris Ketiga KBRI Sofia, Aditya Timoranto, dalam keterangan persnya, Minggu, peragaan itu diliput televisi Bulgaria, Bulgarian National TV dan memukau para undangan yang diantaranya desainer busana terkemuka, tokoh perempuan dan media fesyen.

Wakil Ketua Parlemen Bulgaria yang juga anggota Friendship Group RI-Bulgaria, Ekaterina Mihaylova, Penasihat Politik Luar Negeri Presiden Bulgaria, Pavlina Popova juga mengagumi keindahan batik dan songket Indonesia.

Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang itu, menyatakan peragaan busana tersebut bertujuan agar masyarakat Bulgaria memahami bahwa batik yang merupakan seni tradisional Indonesia, yang diakui UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity, Oktober tahun lalu.

Dubes berterima kasih kepada negara lain seperti Malaysia dan China yang memproduksi batik karena negara-negara tersebut turut mempromosikan dan mempopulerkan seni budaya Indonesia melalui batik.

Ia menyebutkan denim jeans berasal dari Amerika Serikat dan diproduksi di banyak negara termasuk di Indonesia dan Bulgaria, namun dunia ini mengetahui bahwa jeans adalah budaya Amerika.

Di akhir acara, Dubes RI mengalungkan syal dari batik dan songket kepada Madam Margarita Cejuela, Wakil Ketua Parlemen dan Penasihat Politik Luar Negeri Presiden Bulgaria.

Peragaan busana terdiri dari tujuh sesi, menampilkan koleksi terkini Rumah Batik Gendhis dan Rumah Songket Riny Suwardy yang diperagakan empat peragawan professional Bulgaria dan tiga anggota grup tari binaan KBRI.

Busana batik dan songket yang diperagakan untuk berbagai kesempatan baik resmi, setengah resmi maupun santai itu mengundang komentar positif dari hadirin seperti yang disampaikan Madam Margarita Cejuela dan Wakil

Ketua Parlemen Bulgaria kepada Dubes RI yang untuk pertama kalinya menyaksikan peragaan busana dan tidak menyangka busana Indonesia begitu cantik dan elegan.(*)

-

Arsip Blog

Recent Posts