Kelompok Semara Ratih Unjuk Kebolehan di Tiga Negara

Gianyar, Bali - Kelompok gamelan Semara Ratih dari Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar, akan tampil di tiga yaitu Belanda, Belgia, dan Turki dalam International Festival Gamelan yang berakhir 25 September 2010.

"Kami bersama 25 anggota kelompok Semara Ratih tampil dalam festival tingkat internasional itu," kata Anak Agung Anom Putera, pimpinan kelompok itu saat beraudensi dengan Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati di Kantor Bupati Gianyar, Kamis (2/9).

Ia mengatakan pada festival itu, Semara Ratih tampil di Belanda pada 10 September 2010, kemudian di Belgia 11 September , serta terakhir di Turki 23 September. "Kami tampil sebanyak tiga kali dengan jadwal serta negara yang berbeda," ujarnya.

Menurut Gung Anom demikian pria itu disapa, kelompok Semara Ratih akan menampilkan inovasi baru dari tabuh gamelan Bali. "Kami menginterpretasikan musik modern ke dalam musik gamelan tradisional Bali," ucapnya.

Untuk mematenkan kolaborasi musik modern dengan tradisional Bali itu, kata Gung Anom, pihaknya menggunakan dua komposer yakni Evan Syvoren dari Amerika Serikat dan I Ketut Cater dari Bali.

Ia mengatakan penampilan Semara Ratih pada International Festival Gamelan di Belanda menjadi kebanggan sekaligus kejutan. "Festival di Belanda digelar bertepatan dengan perayaan 100 tahun Tropen Theater, hal ini menjadi kebanggaan karena perayaan itu merupakan peristiwa bersejarah," jelasnya.

Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyatakan bangga dengan prestasi kelompok gamelan Semara Ratih. "Prestasi itu semakin mengukuhkan Kabupaten Gianyar sebagai kota seni," ujarnya.

Bupati asal Puri Agung Ubud ini berharap kelompok itu ikut mempromosikan pariwisata di Kabupaten Gianyar khususnya, serta Provinsi Bali pada umumnya. "Mudah-mudahan dengan hadirnya kelompok gamelan itu di tiga negara mampu mendongkrak citra pariwisata Kabupaten Gianyar, " ujarnya.

Ia menambahkan pada festival itu, kelompok gamelan Semara Ratih diharapkan dapat tampil maksimal dan membawa nama baik Provinsi Bali. "Penampilan juga menjadi bagian penilaian, mudah-mudahan kelompok Gamelan Semara Ratih mampu memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Gianyar," ucapnya. (Ant/OL-2)

-

Arsip Blog

Recent Posts