Kunjungan Wisata Sulsel Naik 15%

Makassar, Sulsel - Tahun 2010, pertumbuhan ekonomi Sulsel mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Tercatat pertumbuhan ekonomi provinsi tertinggi dibanding provinsi lain. Salah satu sektor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Sulsel yakni sektor pariwisata. Pertumbuhan kunjungan wisata Sulsel mengalami kenaikan sekira 15%.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, HM Suaib Mallombassi menjelaskan, tahun ini jumlah wisatawan yang datang ke Sulsel mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Apalagi, dengan kehadiran Trans Studio dan beberapa event pariwisata yang dikemas untuk menarik wisatawan.

Menurut Suaib, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel menargetkan tahun 2010, dari Januari hingga Juli, kenaikan jumlah wisatawan yang datang ke Sulsel mengalami kenaikan sekitar 15% atau sudah sekitar 4 juta.

Ke depan, dua agenda kembali digagas oleh pemerintah daerah yakni Visit Makassar tahun 2011 dan Visit South Sulawesi tahun 2012 mendatang.

"Diharapkan kedua agenda tersebut bisa berlangsung dengan baik dan mampu mendongkrak pariwisata Sulsel lebih baik lagi," kata Suaib di sela-sela pembukaan Direct Promotion Makassar, di Trans Studio Makassar.

Sementara itu, Direktur Promotsi Dalam Negeri Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Drs Fathul Bahry, MM menjelaskan, untuk mendongkrak kehadiran wisatawan ke daerah-daerah, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menggagas acara Direct Promotion di 20 kabupaten/kota. Dan, Sabtu kemarin, Direct Promotion mulai digelar di Kota Makassar. Program ini menggagas promosi pariwisata secara langsung khususnya untuk wisatawan nusantara di mal-mal dan tempat-tempat strategis.

"Direct promotion dilakukan di 20 provinsi. Makassar merupakan kota ke-12 yang melakukan direct promotion," tuturnya.

Direct Promotion bertujuan untuk memperkenalkan negara dan daerah yang memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Untuk program ini, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menyiapkan anggaran sekira Rp250 juta di setiap daerah yang ikut melaksanakannya.

"Direct promotion adalah promosi langsung. Jadi setiap travel dan pengelola pariwisata kita fasilitasi sarana dan prasana untuk melakukan promosi gratis potensi potensi yang ada," tandasnya.

Menurut Fathul, dua daerah yang sangat siap mengembangkan pariwisatanya adalah Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Utara (Sulut). ()

-

Arsip Blog

Recent Posts