Obyek Wisata Karst Dikenalkan dengan Sistem Paket

Yogyakarta - Meski termasuk obyek wisata unggulan, kawasan karst di wilayah Kabupaten Gunung Kidul belum banyak dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, kawasan karst Gunung Kidul akan dipromosikan kepada wisatawan dengan sistem paket wisata.

Kepala Seksi Standarisasi Produk Pariwisata Dinas Pariwisata DIY Sinang Sukanta mengatakan, di Gunung Kidul banyak terdapat pantai dan gua yang keindahannya sulit ditandingi obyek wisata lain di DIY.

"Namun keindahan alam tersebut belum bisa menarik kunjungan wisatawan karena sejumlah kendala, mulai dari faktor jarak yang jauh dari pusat kota, kurangnya pasokan listrik, air bersih serta minimnya fasilitas pendukung pariwisata seperti lapangan parkir hingga mesin anjungan tunai mandiri. Kalau dibandingkan, pantai-pantai di Gunung Kidul jauh lebih indah dari Parangtritis. Tapi wisatawan berbondong-bondong ke Parangtritis karena jaraknya lebih dekat dan fasilitasnya lebih lengkap," tuturnya, Senin (30/11).

Menurut Sinang, selama ini sudah ada wisata minat khusus berupa panjat tebing di pantai Siung Gunung Kidul. Namun kawasan pantai lain yang tidak kalah indah belum banyak dikenal wisatawan. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata akan mencoba menarik wisatawan yang benar-benar tertarik pada keindahan alam pantai dan kawasan karst dengan menawarkan paket-paket wisata.

Guna menyusun sistem paket tersebut, Dinas Pariwisata mengajak belasan biro perjalanan di DIY untuk mengunjungi obyek wisata karst di Gunung Kidul. Selain kawasan pantai seperti Sadeng, Siung dan Wediombo, tim ini juga akan mengunjungi gua Kali Suci, Jomblang dan Mburi Omah. "Dari tes tour ini, biro perjalanan yang ikut berkunjung akan dimintai masukan. Masukan tersebut akan menjadi dasar pertimbangan dalam menyusun paket wisata karst yang tepat untuk menarik wisatawan," kata Sinang. (ARA)

-

Arsip Blog

Recent Posts