Pariwisata Melaka Sedot Ratusan Ribu Wisatawan Indonesia

Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam - Sektor pariwisata Negeri Melaka mampu menyedot perhatian ratusan ribu wisatawan asal Indonesia termasuk Aceh untuk berkunjung ke salah satu negara bagian Malaysia tersebut setiap tahunnya.

"Jika dilihat dari statistik jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Melaka pada 2008 sebanyak 106.612 orang," kata Pengerusi Jawatan Kuasa Negeri Perumahan, Pembangunan Pekan Kecil dan Pemulihan Projek Melaka, Datuk Hj Abdul Ghafaar bin Atan pada peresmian Galeri Melaka di Banda Aceh, Senin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Jumlah pengunjung asal Indonesia yang datang ke Melaka pada Januari hingga Juli 2008 berjumlah 64.260 orang dan dalam rentang waktu yang sama pada 2009 mengalami peningkatan hingga mencapai 79.940 orang.

Banyaknya kunjungan wisatawan ke Melaka yang menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan disebabkan Melaka kaya akan sejarah dan kebudayaan. Kekayaan sejarah dan budaya Melaka tersimpan di dalam 26 museum dan galeri di bawah Perbadanan Muzium Melaka (Perzim).

"Maka kami memiliki slogan `Melawat Melaka Bersejarah Berarti Melawat Malaysia`," tambah Datuk Hj Abdul Ghafaar bin Atan seraya menambahkan Melaka telah mendirikan sejumlah Galeri Melaka di beberapa daerah di Indonesia dan negara lainnya seperti Singapura, Kamboja dan Afrika Selatan.

Galeri Melaka memamerkan sejarah negeri Melaka dan informasi mengenai perkembangan dan pembangunan yang sudah dicapai hingga saat ini. Salah satunya yang baru diresmikan Galeri Melaka di Museum Aceh Kota Banda Aceh.

"Dengan hadirnya galeri-galeri baru dapat meningkatkan wisatawan dari Indonesia bahkan seluruh dunia sebab Galeri Melaka berfungsi sebagai tujuan kunjungan wisatawan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Mirzan Fuadi mengatakan, tingginya kunjungan asal provinsi berjuluk Serambi Mekah itu ke negeri jiran terutama untuk keperluan pengobatan.

"Umumnya kunjungan warga Aceh ke Malaysia terutama Kuala Lumpur dan Penang untuk berobat," kata Mirzan Fuadi.

Terkait upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh, Mirzan mengaku berbagai upaya sudah dilakukan Pemerintah Aceh dan menurutnya terjadi peningkatan jumlah pengunjung terutama pascatsunami.

Dia menambahkan, salah satu upaya menarik minat wisatawan ke Aceh melalui galeri yang direncanakan akan dibuka di Melaka seperti yang ada di Museum Aceh untuk mempromosikan daerah. (ant)

-

Arsip Blog

Recent Posts