Pekanbaru Andalkan Wisata Belanja dan Kuliner

Pekanbaru, Riau - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru akan menjadikan wisata belanja dan kuliner sebagai andalan kota tersebut untuk membantu perkembangan perekonomian masyarakat.

"Wisata belanja dan wisata kuliner di Kota Pekanbaru sangat berpotensi untuk dikembangkan," kata Kepala Disbudpar Pekanbaru Syahril Manaf, di Pekanbaru, Selasa (1/12).

Pada 2010, kata Syahril Manaf, akan hadir dua mal sebagai pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru, dan saat ini para investornya sedang mencari lokasi yang strategis untuk mempelajari peluang bisnis yang menarik untuk di kembangkan di sana.

Menurut dia, objek wisata belanja di Kota Pekanbaru tidak hanya sebatas kehadiran sejumlah mal dan plaza, tetapi juga dikembangkan konsep pasar wisata tradisional dan modern.

"Untuk pasar wisata kita sudah punya Pasar Bawah, dan saat ini belum ada rencana penambahan pasar lagi. Tetapi kita akan menata kembali dan mengembangkan pasar-pasar tradisional yang ada saat ini, sehingga menjadi sasaran para wisatawan untuk berbelanja," katanya.

Syahril mengatakan, para pengelola sejumlah pasar yang ada di Kota Pekanbaru diharapkan dapat menjaga kebersihan pasar dan meningkatkan pelayanan serta keamanan sehingga para pengunjung yang berbelanja merasa nyaman dan tertarik untuk kembali lagi.

Sementara itu, untuk pengelolaan dan penataan kembali wisata kuliner, kata dia, di harapkan Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Pekanbaru dapat mengelolanya kembali dengan baik dan serius.

Menurut dia, saat ini untuk pengelolaan objek wisata kuliner di Pekanbaru belum terlalu maksimal, sehingga para pengunjung dan wisatawan masih mencari sendiri tempat-tempat untuk menikmati makanan.

"Belum ada satu lokasi yang menjadi pusat perhatian wisatawan saat mereka ke sini," katanya.(Ant/Ol-5)

-

Arsip Blog

Recent Posts