Pulau Nusa Raa Terancam Abrasi

Ternate, Maluku Utara - Abrasi yang terus menerus menggerogoti pantai Pulau Nusa Raa, salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) telah mengancam kelestarian pantai pulau itu.

"Hari Minggu (22/11) saya berkunjung ke objek wisata Pulau Nusa Raa dan melihat pantai pulau itu terus tergerus abrasi, sehingga keindahan pantainya menjadi berkurang," kata salah seorang warga Labuha, Ibu Kota Kabupaten Halsel Muhammad Siton di Labuha, Senin (23/11).

Abrasi yang menghantam pantai pulau yang telah ditetapkan sebagai ikon pariwisata bahari Kabupaten Halsel tersebut, telah pula merusak sejumlah fasilitas pariwisata yang dibangun Pemkab Halsel di pantai itu.

Menurut Siton, sejumlah tiang lampu hias yang dibangun Pemkab Halsel di pantai pulau tersebut tumbang akibat diterjang ombak. Tiang lampu hias itu saat dibangun berada jauh dari bibir pantai.

Ironisnya, belum ada langkah-langkah kongkret dari pemkab dan instansi terkait lainnya di Halsel untuk mencegah semakin parahnya abrasi tersebut, bahkan tiang lampu hias yang telah tumbang itu dibiarkan begitu saja.

Salah seorang pemerhati lingkungan di Halsel, Muhammad Kasim mengatakan, Pemkab Halsel seharusnya tidak hanya memfokuskan pembangunan sarana dan prasaran penunjang wisata di Pulau Nusa Raa.

Pemkab harus pula memperhatikan hal-hal lain yang dapat merusak keindahan objek wisata pulau tersebut, terutama abrasi, karena gelombang di perairan di pulau itu cukup kuat dan tidak ada hutan bakau di sekelilingnya yang dapat meredam hempasan gelombang.

"Keunggulan objek wisata Pulau Nusa Raa tersebut terletak pada keindahan pantainya tapi kalau pantai dibiarkan tergerus abrasi maka pasti tidak ada pengunjung yang berminat ke sana. Jadi masalah abrasi itu harus menjadi perhatian serius dari Pemkab Halsel," katanya.

Salah satu solusi yang cukup efektif untuk mengatasi abrasi di objek wisata Pulau Nusa Raa adalah memasang batu pemecah ombak di perairan pantai sekitar pulau itu. Serta mencegah pengrusakan karang yang ada di sekelilingnya.

Wakil Bupati Halsel Rusly A Wally mengatakan, Pemkab Halsel tentu tidak akan membiarkan abrasi di pantai objek wisata Pulau Nusa Raa tersebut, namun dalam penanganannya harus melalui proses perencanaan yang matang. (Ant/OL-03)

-

Arsip Blog

Recent Posts