Reog Singo Jati Joyo Ramaikan Pantai Manggar

Baikpapan, Kalimantan Timur - Lokasi wisata pantai Manggar tidak pernah sepi dari pertunjukkan dan kegiatan kesenian, sebab kawasan ini menjadi salah satu tujuan wisata di Balikpapan dan sekitarnya. Sehingga tidak heran setiap hari libur kawasan ini selalu diserbu oleh pengunjung.

Pada Minggu (22/11), pengunjung di pantai Manggar dihibur dengan penampilan reog Ponorogo Singo Jati Joyo yang akan mewakili kota Balikpapan pada festival nasional Reog di Ponorogo pada Desember nanti.

Menurut H Suyanto, ketua reog Ponorogo Singo Jati Joyo bahwa penampilan ini merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Parwisiata, Pemuda dan Olah Raga kota Balikpapan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya yang ada di kota Balikpapan.

“Penampilan ini juga sebagai evaluasi kami sebelum berangkat ke Ponorogo,” kata Yanto kepada Post Metro saat ditemui di Klandasan Ilir kemarin.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Makmur mengajak kepada masyarakat Balikpapan untuk beramai-ramai datang ke pantai Manggar guna menyaksikan pertunjukkan reog Ponorogo ini, sebab pementasan ini sangat menarik dan rugi untuk dilewatkan.

“Silakan datang ke pantai Manggar untuk menyaksikan pertunjukkan reog,” ujar Makmur.

Selama persiapan ini, seluruh anggota reog Ponorogo Singo Jati Joyo terus melakukan latihan untuk memantapkan penampilan mereka, sebab para penari di kelompok reog ini bukan dari Ponorogo saja tetapi ada juga yang dari Bugis dan Banjar sehingga mereka pun perlu mendapatkan pelatihan yang baik untuk memudahkan dalam penampilan di festival nantinya. (are)

-

Arsip Blog

Recent Posts