Setelah Sail Banda Masih Ada Festival Pelayaran Belitung dan Morotai

Jakarta - Festival pelayaran bakal jadi agenda tetap pemerintah. Setelah Sail Banda pada Juli hingga Agustus lalu, berturut-turut festival serupa akan diadakan di Belitung, Lombok, dan Morotai.

"Polanya sama, ada perpaduan kegiatan perekonomian, sosial, dan olahraga yang cukup menarik," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono seusai sidang kabinet di Istana Presiden, Senin 20 September 2010.

Sail Banda dipandangnya sukses baik dari kacamata pariwisata, sosial, maupun menunjukkan ke dunia pulihnya situasi keamanan di wilayah timur Indonesia.

Ia membeberkan, tahun 2011 akan digelar Sail Belitong di Provinsi Bangka Belitung. Berikutnya Sail Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat dilaksanakan tahun 2012. "Bersamaan dengan Visit Lombok 2012 yang sudah dicanangkan Bapak Presiden," ujarnya.

Morotai, Provinsi Maluku Utara, kebagian jatah tahun 2013. "Waktu tepatnya akan diumumkan kemudian," ucap Agung.

Meski diklaim pemerintah sebagai kisah sukses, sebetulnya Sail Banda pun dihujani kritikan. Acara yang memakan biaya ratusan miliar itu dituding hanya menguntungkan pengusaha besar namun tak berdampak bagi rakyat kecil.

-

Arsip Blog

Recent Posts