Sriwijaya Libas Persib 6-0

Palembang, Sumsel - Sriwijaya FC akhirnya memastikan diri lolos ke partai final Inter Island Cup (IIC). Ini setelah Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) sukses menang telak 6-0 (4-0) atas Persib Bandung, di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, semalam (1/9).

"Saya tidak bisa bicara banyak dengan hasil ini. Saya berterima kasih kepada suporter atas dukunganya. Anak-anak bermain dengan kolektifitas tim yang baik. Dan kami sangat senang dengan hasil ini," kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Venkov Kolev, usai pertandingan, kemarin (1/9).

Dengan kesuksesan ini, tim juara double winner 2007 dipastikan mewakili grup B melaju ke partai final. Laskar Sriwijaya berhasil memuncaki klasemen dengan torehan 3 poin, unggul selisih gol dengan surplus 3 gol (6-3) atas Persiba yang juga mengoleksi 3 angka dengan surplus 2 gol (5-3). Sedangkan Persib Bandung menjadi juru kunci dengan 3 poin dengan surplus 1 gol (3-8).

Di partai final skuadra Ivan Kolev akan menjamu juara grup A, Persiwa. Sebelumnya Peter Romaropen dan kawan-kawan behasil menyingkirkan Arema setelah hanya bermain imbang 1-1 di laga terakhir grup A di stadion Kanjuruhan Malang. Senin (31/8) lalu.

Sejak awal pertandingan, Sriwijaya langsung tampil menekan. Memanfaatkan kelelahan Persib, Ponaryo Astaman dkk langsung bermain agresif dan cepat. Tak heran pada menit ke-11 Sriwijaya sudah memulai pesta gol.

Adalah Budi Sudarsono mengawali pesta gol Sriwijaya, setelah sukses memanfaatkan bola rebound kiper Dedi Haryanto yang sebelumnya mendapat tendangan keras dari Oktavianus Maniani. Skor menjadi 1-0 untuk Sriwijaya.

Unggul satu gol, Sriwijaya semakin menggila. Selang dua menit kemudian, Budi Sudarsono kembali memaksa kiper Dedi Haryanto memungut bola dari sarangnya. Setelah tendangan bebas mantan pemain Persib ini langsung mengarah ke gawang. Skor berubah 2-0.

Tekad mengejar defisit gol, Sriwijaya semakin agresif. Terbukti, memasuki menit ke-23 Budi Sudarsono mampu menciptakan hattrick setelah mendapatkan umpan sodoran dari Park Jung-Hwan. Skor berubah 3-0.

Tak puas dengan tiga gol, kini giliran striker asal Korea Selatan Park Jung-Hwan mampu membobol gawang Persib pada menit ke-25 setelah mendapat umpan cantik dari Oktavianus Maniani. Skor 4-0 hingga turun minum.

Memasuki babak ke-2 Persib mulai menaikan serangan. Tapi, tetap saja beberapa peluang tak bisa di manfaatkan oleh Christian Gonzales dkk. Justru, Laskar Sriwijaya semakin menambah pundit-pundi golnya.

Yakni, pada menit ke-58 lewat gol Oktavianus Maniani yang sebelumnya mendapatkan umpan matang dari Budi Sudarsono. Sukses menciptakan gol, Okto sapaan Oktavianus bermain semakin agrsif. Permainan lincahnya sering merepotkan lini pertahanan Persib. Terakhir, Okto mampu menciptakan gol keduanya di menit ke-71. skor 6-0 untuk Sriwijaya hingga laga usai.

Sukses menang telak atas Persib, Sriwijaya langsung fokus pada partai final melawan Persiwa Wamena yang akan di gelar 5 September nanti. "Kami akan fokus di final. Kami berharap pemain bisa menjaga kolektivitasnya dn bisa sukses di pertandingan selanjutnya," lanjut mantan pelatih Persija ini.

Meski demikian, coach Ivan Kolev tak akan merubah formasi yang sudah diterapkanya saat ini. "idak ada perubahan. Kami akan mencoba memperbaiki mana yang perlu dibenahi," tambahnya.

Sementara itu, kekecewaan terpancar dari pelatih Persib, Daniel Darko Janakovic. Maklum, kekalahan ini merupakan kekalahan terbesar Persib di awal kompetisi pramusim. "Sriwijaya bermain cukup baik. Di awal menit 20, Sriwijaya mampu memborong empat gol. Sehingga, hal ini membuat down pemain," ujar Darko.

Darko juga mengkritisi jeleknya permainan anak asuhnya. Termasuk pemain muda yang hilang konsentrasi."Pemain-pemain muda kami bermain bingung. Sebenarnya mereka bisa lebih baik. Pemain juga tidak displin, sehingga, koordinasi tim sangat buruk," pungkasnya.(mg43)

-

Arsip Blog

Recent Posts