Sumex Jadi Event Pra Visit Batam 2010

Batam, Kepulauan Riau – Sumatera Expo (Sumex) yang akan digelar 20-22 November mendatang di Gedung Sumatera Promotion Centre menjadi expo yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam Sumex kelima ini, selain menonjolkan sisi perdagangan (trade) dan investasi, panitia penyelenggara juga menonjolkan sisi pariwisata. Hal tersebut dilakukan karena expo ini menjadi event pra Visit Batam 2010.

”Sumex kali ini mengambil tema Trade, Tourism and Invesment. Ada beberapa peserta Sumex dan kita menyediakan tempat untuk menunjang sisi pariwisata di Batam dan event Visit Batam 2010,” ujar Andi M Lutfi, Direktur PT Sumatera Promotion Centre (SPC) kepada wartawan, Selasa (17/11) sore.

Dikatakannya, selain berisi pameran, selama Sumex berlangsung juga digelar acara pendukung yang dibawakan komunitas anak muda yang tergabung dalam Youth Park. Kegiatan yang diadakan berisi hiburan yang mendidik, berkaitan dengan pengembangan teknologi dan dunia seni. Antara aotomotive contest, konvoi dengan 10 klub mobil dan 30 klub motor, workshop klinik musik, band, dance, atraksi robot, film animasi, pameran kartun, fotografi, disain grafis dan lainnya.

”Kita harapkan kegiatan-kegiatan yang digelar komunitas yang tergabung dalam Youth Park ini menjadi event wisata dalam Visit Batam 2010,” ujar Andi.

Sumex kali ini diikuti oleh 128 peserta dan 140 stan yang umumnya berasal dari provinsi-provinsi di Sumatera. Selain itu juga ada peserta dar luar Sumatera dan luar negeri seperti dari Singapura dan Malaysia. Selama tiga hari pelaksanaan, digelar beberapa kali talk show dan seminar. Antara lain talk show kiat berbisnis di Singapura dan Malaysia yang digelar bekerjasama dengan KBRI Malaysia dan Singapore Business Federation, talk show kiat memasarkan produk di Uni Eropa yang bekerjasama dengan Bido (Bali Development Organization).

Sumex ini juga dihibur dengan penampilan seni budaya beberapa daerah seperti dari Lampung, Sumatera Barat, Bengkalis, Aceh dan lainnya.

”Sementara produk yang ditampilkan kebanyakan adalah produk yang unik dan kreatif. Misalnya stan dari Jawa Timur yang menjual batik dan handycraf yang dijual dengan harga miring. ”Bila ingin berburu produk-produk unik kunjungilah Sumex. Pengujung bisa menghabiskan weekend di Batam dengan berburu produk-produk unik,” tutur Andi.

Kepada warga Batam khususnya yang tinggal di Bengkong dan Mukakuning juga diberi kemudahan. Panitia menyediakan mobil carry angkutan gratis ke gedung SPC dan mendapatkan kupon doorprize yang diundi tiap hari dan berisi hadiah menarik. (eri)

-

Arsip Blog

Recent Posts