Borobudur Siapkan Tambahan Fasilitas dan Paket Wisata

Magelang, Jawa Tengah - Menjelang Lebaran, Taman Wisata Candi Borobudur saat ini mulai mempersiapkan tambahan fasilitas dan dua paket wisata baru. Semua kelebihan ini akan ditawarkan dan dapat dinikmati pengunju ng mulai 17 September hingga 4 Oktober mendatang. Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur mengatakan, fasilitas yang disediakan adalah meliputi enam hingga tujuh arena permainan bagi serta balon udara yang dapat digunakan pengunjung untuk melihat candi dari atas, dari ketinggiah 10 meter dari tanah. "Dengan bisa melihat dari atas melalui balon udara, maka kami berharap wisatawan tidak perlu berjubel naik ke atas candi lagi," ujarnya, Senin (14/9).

Setiap ada pengunjung yang naik, balon udara tersebut akan ditarik, dinaikkan dan diturunkan beberapa kali selama sekitar 15 menit. Dengan menambahkan fasilitas balon udara dan arena permainan ini, diharapkan pengunjung dapat tertahan lebih lama di halaman candi. Dengan begitu, lalu lalang pengunjung juga dapat lebih terkendali. Sebab, mengacu pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, keramaian yang hanya terfokus di candi kerap membuat jalan keluar masuk candi macet karena dipenuhi wisatawan.

Selain fasilitas tersebut, Taman Wisata Candi Borobudur juga menawarkan dua paket wisata yaitu paket wisata Candi Mendut-Pawon-Borobudur, serta paket wisata pedesaan. "Namun, menyangkut harga paket nantinya masih akan kami bicarakan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang," ujarnya. Dalam musim libur Lebaran ini, ditargetkan pengunjung mampu mencapai 19.000 hingga 20.000 pengunjung per hari. Jumlah ini didapat kan dari perhitungan dengan memprediksikan jumlah pemudik meningkat 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Menyikapi prediksi kenaikan jumlah pengunjung tersebut, Taman Wisata Candi Borobudur juga telah menyiapkan tiga lokasi parkir dengan memakai tanah milik masyarakat. Tiga lokasi tersebut adalah jalan Medangkamulan, jalan Pramudyawardhani, dan jalan Balaputradewa.

Sucoro, tokoh seniman dari Warung Info Jagad Cleguk, mengatakan, menghadapi libur Lebaran, pihaknya nanti juga akan membuka pusat informasi Lebaran. Pusat informasi tersebut nantinya akan membantu menyelesaikan segala permasalahan terkait keramaian pengunjung di candi, seperti menolong pengunjung yang kebingungan mencari kendaraan, atau barangnya ketinggalan. Pusat informasi ini akan dibuka mulai 23 September hingga 5 Oktober.

Untuk memecah keramaian di Candi Borobudur, Warung Info Jagad Cleguk juga akan mementaskan kesenian di lima desa selama lima hari, pada tanggal 23 September, 25 September, 27 September, 29 September, dan 30 September. "Dengan begitu, pengunjung tidak melulu terfokus datang untuk melihat candi saja," ujarnya. Warung Info Jagad Cleguk adalah komunitas lokal yang bergerak di bidang kesenian dan masalah-masalah sosial. (Regina Rukmorini)

-

Arsip Blog

Recent Posts