Martabak Kubang, Paduan Unik Bumbu Padang dan Timur Tengah

Jakarta - Martabak Mesir alias martabak kubang ini bisa jadi pilihan yang pas untuk berbuka. Martabaknya berkulit tipis dengan isi daging cincang yang padat, sayuran dan aroma rempah yang harum. Cocolan saus yang manis, asin, pedas, dan segar pun jadi pelengkap sempurnanya. Martabak merupakan makanan yang kini hampir selalu bisa ditemukan di tiap sudut Kota Jakarta. Ada beberapa jenis martabak yang biasa kita jumpai, yaitu martabak manis dan martabak telur. Nah, martabak telur ini juga biasa disebut sebagai martabak Mesir atau martabak kubang oleh orang Sumatra Barat.

Martabak kubang adalah varian daripada martabak Mesir. Kata 'kubang' berasal dari nama desa di Payakumbuh, Sumatra Barat, tempat di mana martabak kubang tercipta yaitu dari paduan rasa Timur Tengah dan bumbu Padang yang khas. Martabak kubang kulitnya terbuat dari adonan terigu, telur, air dan garam yang diuleni bersamaan dan dibuat tipis. Biasanya martabak kubang dibedakan berdasarkan jumlah campuran telurnya, semakin banyak telur maka rasanya akan semakin istimewa. Untuk isinya ada daging cincang yang dikocok bersama telur, bawang Bombay, selederi, dan daun bawang segar yang kemudian diberi bumbu rempah sehingga menimbulkan aroma yang khas. Setelah dibungkus dengan adonan kulit martabak yang tipis dan dibentuk segi empat, martabak kubang pun digoreng dengan menggunakan margarin sehingga memberikan aroma yang memikat.

Sedangkan untuk martabak telur biasanya digoreng menggunakan minyak goreng biasa. Untuk dagingnya martabak kubang ini diracik memakai bumbu rendang sehingga lebih terasa pedas. Yang khas martabak Kubang biasanya dinikmati bersama cocolan berupa saus berwarna kecokelatan yang terdiri dari kecap asin, kecap manis, cuka, bawang bombai, tomat, dan irisan cabai hijau. Jadi saat martabak yang masih mengepul hangat ini dicocol dengan saus yang khas. Rasa martabak yang nikmat ini akan berpadu serasi dengan rasa saus yang manis, asin, pedas, dan segar. Meskipun martabak Kubang berasal dari Sumatra Barat, saat ini penjual martabak Kubang sudah banyak dijumpai di Jakarta. Devita Sari

-

Arsip Blog

Recent Posts