Pariaman Gelar Sejarah Tabuik

Pariaman, Sumbar - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat akan menggelar seminar sejarah "Tabuik" dalam rangkaian Pesta Budaya Hoyak Tabuik Pariaman yang akan digelar 7-19 Desember 2010.

"Selubung sejarah mengenai Tabuik perlu disingkap secara jelas dan utuh melalui sebuah seminar, karena sejarahnya berkembang dengan berbagai versi," kata Wali Kota Pariaman Mukhlis R di Pariaman, Selasa.

Pesta Budaya Tabuik merupakan pesta budaya khas Pariaman yang digelar dalam menyambut bulan Muharram, hampir seperti di Bengkulu yang bernama Tabot.

Ia menjelaskan, beberapa pakar Tabuik bahkan juga tokoh China akan diundang sebagai narasumber dalam seminar tersebut. Melalui seminar itu diharapkan akan memperjelas dan melengkapi informasi yang telah ada mengenai Tabuik.

Dengan kejelasan sejarah, ia berharap munculnya kebanggaan dalam generasi muda Pariaman terhadap Tabuik. Dijelaskan Mukhlis, Tabuik tahun ini akan berbeda dari sebelumnya karena juga akan menampilkan budaya khas China yakni Barongsai.

Ia menilai, ada beberapa kemiripan pernak-pernik yang dikenakan Tabuik dengan Barongsai, seperti bentuk "bungo salapan". Menurutnya, barangkali dulu juga ada pekerja seni Barongsai China yang turut andil menciptakan pernak-pernik Tabuik.

Dikatakannya, hal itu menjadi salah satu pertanyaan dari sekian misteri mengenai asal mula Tabuik. Maka dari itu, jawabannya menurut Mukhlis perlu diseminarkan.

Pada seminar mendatang, katanya, ia berharap masyarakat turut aktif memberikan saran dan masukan. Peserta seminar tidak dipungut bayaran, sama seperti seminar sewindu kota Pariaman yang digelar Juli 2010.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign