Sambu, Kota Tua Sejuta Pesona

Batam, Kepri - Sebagai kota tua, Pulau Sambu di Kecamatan Belakangpadang, Batam, ternyata menyimpan sejuta pesona bagi dunia wisata di Kepri. Selain bisa menyaksikan beberapa bangunan bersejarah, para wisatawan juga dapat menikmati pesona sunset dari pulau ini. Untuk menjangkau Pulau Sambu sangat mudah. Cukup naik pompong dari Pelabuhan Domestik Sekupang. Waktu tempuh sekitar 20 menit dengan ongkos pompong sebesar Rp10 ribu per orang. Dari sejarahnya, Pulau Sambu sengaja dibangun sebagai terminal minyak Pertamina sejak tahun 1897, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1897. Sehingga, usia kota di Pulau Sambu kini mencapai 100 tahun lebih.

Di pulau ini, pengunjung dapat menyaksikan beberapa bangunan tua yang dibangun PT Pertamina, seperti Menara Selamat Datang yang dilengkapi dengan pernak-pernik kuda laut, wisma, Kantor Pos, gedung bioskop, rumah sakit Pertamina, serta beberapa prasasti telapak tangan para manager operasional Pertamina untuk Pulau Sambu. Di pulau ini, juga dapat ditemui beberapa buah bunker minyak milik Pertamina.

Selain menyaksikan bangunan tua, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pantai Pulau Sambu. Meski tak terlalu luas, namun pantai di pulau ini masih sangat bersih dan alami. Panorama Pulau Sambu akan lebih eksotis ketika menjelang senja. Di mana pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam (sunset) yang seolah ternggelam di perairan Selat Malaka. (a)

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign