Segar Dingin Es Campur 12 Rupa

Jakarta - Udara yang panas menyengat sepanjang hari paling pas didinginkan dengan semangkuk es campur saat berbuka. Ada 12 jenis campuran di dalam es campur gaya Medan ini. Rasanya tentu saja manis, asam, segar dan dingin. Sesuai dengan namanya, maka sajian es ini sebenrnya tak mempunyai aturan bahan yang dijadikan campuran. Seperti es campur Medan asli berisi cendol, nangka, delima, lengkong atau cincau, jagung manis, kacang merah, tape yang diberi sirop gula merah dan kuah santan. Tentu saja rasanya sangat segar.

Belakangan ini muncul versi es campur gaya baru. Konon yang mempeloporinya orang Medan yang ada di Jakarta. Yang pasti, es campur yang diberi nama Es Campur 12 Rupa ini mulai banyak dijajakan di gerai-gerai mal dan pusat keramaian. Melihat campuran isi es campur ini bisa tergiur sekaligus bingung. Karena isinya sangat banyak, jelly aneka bentuk (kecil panjang, bola-bola, bunga, ikan), aneka buah kalengan (kelengkeng, leci, peach, anggur, jeruk Mandarin), juga nata de coco dan cincau. Kuahnya berupa sirop vanili dengan air dan diberi topping es serut.
Disajikan dalam mangkuk bening besar dan dijamin bingung menikmati sensasi rasanya. Ada manis, asam, kenyal, lembut, semuanya ada di dalam es campur ini. Timbunan es serut membuat es ini jadi makin segar saja. Sebenarnya isian es ini bisa dipilih sesuai selera karena di gerobak penjual biasanya terdapat beragam jenis buah-buahan segar, kalengan, aneka jelly, cincau, kolang-kaling, nata de coco, nangka hingga kelapa muda. Selain itu juga terdapat racikan es klasik seperti es teler, es kacang hijau atau es kacang merah. (Odilia Winneke)

-

Arsip Blog

Recent Posts