Pesta Budaya Rondang Bittang Digelar

Simalungun, Sumut - Masyarakat Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, khususnya etnis Simalungun, pada 6 hingga 8 Agustus 2009 di Balai Murni Kecamatan Bandar, akan menyaksikan pesta adat dan budaya yang sering disebut Pesta Rondang Bittang. Dalam perhelatan besar budaya Simalungun ini, diperkirakan akan diikuti ribuan masyarakat khususnya Etnis Simalungun yang berada di Kabupaten Simalungun. Namun, tidak tertutup kemungkinan elemen etnis Simalungun dari daerah lain akan ikut serta menyemarakkannya.

Salah satu elemen masyarakat yang akan memberikan partisipasinya dalam menyemarakkan acara yang digelar sekali dalam setahun ini adalah artis-artis yang diorbitkan Horas Simalungun (Horsi), Nalaingan Idol. Lasti Agustina Girsang Ssi, selalu pimpinan Horsi, mengatakan, lembaga yang dipimpinnya ini merupakan sarana pengembangan bakat dan kreasi generasi muda Simalungun khususnya dalam bidang tarik suara. Dalam kiprahnya menciptakan bibit penyanyi Simalungun, Horsi sudah dua kali melakukan even yang diberi nama Simalungun Idol.

Sejak terselenggaranya Simalungun Idol pada tahun 2006 dan tahun 2008 kemarin, kata Lasti, banyak permintaan dari masyarakat Simalungun khususnya generasi mudanya agar Horsi tetap melanjutkan program pencarian bibit penyanyi melalui Simlaungun Idol. Memang, katanya, dibutuhkan pemikiran, anggaran dan tim kerja yang besar dalam pelaksanaan Simalungun Idol ini. Pasalnya, seluruh kontestan berasal dari seluruh Indonesia. Mereka akan diseleksi per wilayah dan babak final di laksanakan di Medan.

Khusus untuk pelaksanaan Pesta Rondang Bittang tahun 2009 ini, artis-artis Simalungun Idol yang pertama dan kedua akan menghibur masyarakat Simalungun pada acara penutupan. Di sana, mereka akan memberikan yang terbaik bagi daerah ini dan membuktikan, bahwa kebolehan mereka tidak kalah dengan artis dari suku lainnya di Indonesia khususnya di Sumatra Utara. "Untuk memberikan yang terbaik di pementasan Pesta Ronddang Bittang, Horsi akan memboyong artis-artis terbaik dari Simalungun Idol. Kalau tidak percaya, datang saja ke acara tersebut, ujar Lastri berpromosi. (Pholmer Saragih)

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign