10.000 Wisatawan Asing Kunjungi Maluku

Ambon, Maluku - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Maluku tahun 2010 hampir 10.000 orang. Jumlah ini tertinggi sejak kerusuhan melanda Maluku 10 tahun silam. Hal ini terutama karena acara Sail Banda bulan Juli-Agustus lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Maluku Florence Sahusilawane mengatakan hal itu di sela-sela acara Maluku Travel Fair 2010 yang dibuat Asosiasi Agen Perjalanan Wisata (Asita) Maluku bersama maskapai penerbangan Garuda Indonesia di Ambon, Maluku, Selasa (14/12).

Sementara itu, kondisi pariwisata DI Yogyakarta berangsur pulih meski status Gunung Merapi masih siaga. Kunjungan wisatawan domestik ke Keraton Yogyakarta bahkan sama seperti sebelum erupsi Merapi. Wisatawan mancanegara diperkirakan akan kembali setelah status Merapi normal.

Demikian menurut pengelola Museum Keraton Yogyakarta, Brahmana, dan Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir. Beragam kegiatan digelar Dinas Pariwisata DIY untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke DIY.

Untuk liburan Natal dan Tahun Baru, tingkat pemesanan hotel di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, mencapai 50 persen. Semua kamar diperkirakan akan habis dipesan. Tahun lalu tingkat hunian 100 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Singkawang Mulyadi Qamal, Selasa, mengatakan, obyek wisata baru membuat kunjungan wisata ke Singkawang meningkat, yaitu Zinka Zoo dan Rindu Alam melengkapi Pantai Pasir Panjang yang sudah lebih dulu terkenal.

Moda transportasi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkirakan volume penumpang kereta api selama Natal dan Tahun Baru 2011 mencapai 2.007.357 orang, meningkat 0,5 persen ketimbang tahun lalu yang 1.998.140 penumpang.

Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono, Selasa, di Bandung mengatakan, curah hujan tinggi berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di beberapa titik perjalanan. Untuk itu, pihaknya menyiapkan lokomotif cadangan, crane, dan alat material untuk siaga, seperti pasir, bantalan kayu bekas, dan jembatan darurat.

-

Arsip Blog

Recent Posts