30 Wartawan Malaysia akan Kunjungi Wisata Gili

Mataram, NTB - Obyek wisata gili (pulau kecil), yakni Gili Terawangan, Gili Meno, dan Gili Air di Kabupaten Lombok Barat, menjadi salah satu obyek yang akan dikunjungi 30 wartawan dari Malaysia. "30 wartawan dan sejumlah biro perjalanan Malaysia akan berkunjung ke Lombok, NTB, pada 30 Mei hingga 2 Juni 2009 untuk melihat berbagai obyek wisata di daerah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Gita Ariadi di Mataram, beberapa waktu kemarin.

Obyek wisata tiga gili ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun nusantara karena keindahan alam bawah lautnya, terutama dengan adanya blue coral atau karang biru yang merupakan spesies langka. Menurut penelitian, keindahan karang biru di dunia ini hanya terdapat di dua tempat, yakni di Indonesia dan Laut Karibia. Namun, terumbu karang yang masuk kategori karang langka tersebut terancam rusak akibat seringnya perahu nelayan maupun kapal-kapal pesiar membuang jangkar di perairan pantai di obyek wisata tiga gili yang menjadi area tumbuhnya karang biru.

Untuk menjaga kelestarian karang biru tersebut, dibangun jetty (dermaga) di tiga gili tersebut. Diharapkan, kapal pesiar maupun para nelayan tidak lagi membuang jangkar di laut. Pemandangan alam bawah laut, khususnya terumbu karang yang merupakan salah satu daya tarik wisata di pulau kecil itu, bisa diselamatkan dan obyek wisata ini tetap menjadi "magnet" untuk menyedot wisatawan berkunjung ke NTB.

Pembangunan jetty di tiga gili itu berkaitan dengan upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB untuk menyukseskan program nasional Visit Indonesia 2008. "Untuk menyukseskan program tersebut, NTB menargetkan angka kunjungan wisatawan sebanyak 600.000 orang, sementara tahun 2012 ditargetkan sejuta kunjungan," katanya. (dat01/pas)

Sumber: http://www.waspada.co.id/ 18 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts