4 Menteri Tolak Bosscha Jadi Kawasan Wisata

Bandung, Jawa Barat - Empat menteri menolak pengembangan Observatorium Bosscha sebagai kawasan wisata. Peran Bosscha dalam kaitannya dengan akademisi, sosial, teknologi dan politik tidak tergantikan. Demikian diungkapkan Menristek Kusmayanto Kadiman di sela-sela launching Jb Batik Pixel People Project di Mal Paris van Java, Jalan Sukajadi, Bandung, Rabu (27/5).

Empat kementerian tersebut yaitu Departemen Pendidikan Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup, Departemen Pariwisata dan Kebudayaan, dan Departemen Riset dan Teknologi. "Posisi Bosscha di langit selatan tidak tergantikan," ujar Menristek. Menurut Menristek, selain dari Bosscha, langit selatan bisa dilihat dari wilayah Nusa Tenggara Timur. Jika dipindahkan, akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. "Kalau dipindahkan ke sana biayanya luar biasa," ujarnya.

Menristek melanjutkan, Bosscha sudah menjadi titik network dunia. "Kalau hilang, apa kata dunia," cetusnya. Menristek memaparkan dari sisi ristek misalnya, Bosscha berperan dalam riset terapan di bidang iklim dan penerbangan. Sedangkan di bidang pendidikan Bosscha penting bagi perkembangan ilmu astronomi. Bagi ITB sebagai institut teknologi, astronomi menjadi bidang yang mengangkat nama ITB di dunia internasional selain seni rupa. (ema/ern)

Sumber: http://bandung.detik.com 28 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts