Ada Candi Budha di Singaraja

Singaraja, Bali - Candi Budha Kalibukbuk terletak di Desa Kalibukbuk, jika dari Singaraja, lokasi ini sekitar 10 kilometer ke arah barat dekat dengan obyek wisata Lovina. Penemuan situs Budha Kalibukbuk kali pertama dilaporkan pemilik Hotel Angsoka di Lovina tahun 1991 ketika penggalian tanah untuk pembuatan kolam yang secara tidak sengaja menemukan beberapa fragmen stupika yang sebagian telah dihancurkan oleh pekerjanya karena ketidaktahuan tentang artefak itu.

Artefak yang tersisa dan berhasil diselamatkan berjumlah 80 buah stupika, 18 buah materai, dan 3 buah relief. Temuan tersebut kini disimpan di Balai Arkeologi Denpasar. Tahun 2004, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Pejeng melakukan penggalian penyelamatan bekerjasama dengan Universitas Udayana dan Universitas Gadjah Mada.

Penggalian itu membuka 20 kotak dengan hasil mengupas ketiga struktur candi serta temuan lainnya berupa harmika, kemuncak, chattra, yasthi, keramik, gerabah, ladam kuda, arang, tulang serta kerang. Candi Budha Kalibukbuk di Buleleng tersebut, rencananya pada Minggu (24/5) hari ini akan diresmikan menjadi tempat kunjungan wisata sejarah dan purbakala baru di Pulau Dewata, Bali. (heh)

Sumber: http://www.elshinta.com 25 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts