Atraksi Budaya Ramaikan Peresmian Museum Batak

Tobasa, Sumut - Atraksi budaya Batak akan dipersembahkan sejumlah siswa SLTA Tobasa, untuk meramaikan peresmian museum modern Batak terbesar di lingkungan TB Silalahi Center Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara.

"Acara itu akan diadakan pada 18 Desember 2010 ini, dengan menggelar pentas budaya Batak, diselingi hiburan," ujar Ketua TB Silalahi Center, Masrina Silalahi, di Balige, Rabu.

Ia mengatakan, acara `grand opening` direncanakan 15 Januari 2011, yang diharapkan akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yodhoyono.

Menurut Masrina, museum ini dilengkapi dengan peralatan canggih yang mampu menampung sekitar 1.000 pengunjung. Di depan gedung, dibangun patung si Raja Batak setinggi hampir tujuh meter, dan di bawahnya dibuat relief Danau Toba.

Museum ini, katanya, akan menyimpan koleksi budaya Batak artefak kuno milik raja-raja Batak yang dikumpulkan dari berbagai tempat di dalam negeri maupun luar negeri.

"Koleksinya mulai dari jenis perabot, pakaian, alat tukar, pusaka, alat-alat peraga ritual, dan aksesori lainnya," kata Masrina.

Saat ini, kata dia lagi, pembangunannya sudah rampung seratus persen. Tinggal menata dan membenahi hal-hal kecil, agar pada saat pelaksanaan `soft opening`, tidak ada yang sampai tertinggal.

"TB Silalahi mendirikan bangunan ini, bertujuan untuk melestarikan benda-benda kuno milik orang Batak, agar bisa disaksikan generasi muda berikutnya. Selain itu, museum memiliki `view` yang sangat menarik, karena berada di pinggiran danau Toba," kata Masrina.

-

Arsip Blog

Recent Posts