Banda Aceh Kembangkan Pasar Berkonsep Modern

Banda Aceh, NAD - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh mulai mengembangkan pasar tradisional dengan konsep dan pengelolaan yang modern sehingga selain memberi pendapatan kepada Pemkot juga memberi kenyamanan kepada konsumen. "Kita tetap mempertahankan ciri khas pasar tradisional tapi harus dikelola dengan baik karena selain memberi pendapatan kepada Pemkot dan pedagang juga dapat memberi kenyamanan kepada pembeli," kata Walikota Banda Aceh Mawardy Nurdin pada soft opening Pasar Aceh di Banda Aceh.

Pascatsunami 2004, Kota Banda Aceh mulai berbenah di semua sektor termasuk sarana perdagangan terutama membangun kembali pasar-pasar tradisional dengan pengelolaan yang lebih baik. Hingga saat ini sejumlah pasar tradisional yang sudah dibangun kembali dengan bantuan donatur adalah pasar ikan, pasar sayur dan pasar buah di Peunayong Banda Aceh. Dalam sebulan ke depan Pemkot Banda Aceh juga akan membuka pasar unggas.

Walikota mengatakan pertumbuhan pasar modern mencapai 31 persen per tahun di hampir seluruh wilayah sedangkan pasar tradisional berkurang delapan persen setiap tahunnya akibat munculnya pasar modern, sehingga banyak yang menentang pembangunan pasar modern karena dinilai dapat mematikan pasar tradisional. Karena itu Pemkot Banda Aceh tetap mempertahankan ciri pasar tradisional dengan pengelolaan yang modern.

Pasar Aceh merupakan salah satu pasar tradisional yang kini mulai dibenahi dengan membangun kembali bangunan pasar berlantai tiga dengan bantuan JICS Jepang yang dilengkapi dengan tangga berjalan dan AC. Pembangunan tahap pertama tersebut menghabiskan dana sebesar Rp43 miliar dan untuk tahap selanjutnya tahun ini sudah dianggarkan dana sebesar Rp17 miliar serta Rp21-30 miliar dari Departemen Perdagangan.

Pasar Aceh yang memiliki sejarah panjang bersama lahirnya Kota Banda Aceh itu rusak parah akibat tsunami sehingga ribuan pedagang sempat berpindah-pindah lokasi dagang. Dengan pembangunan kembali Pasar Aceh, diharapkan 1.300 pedagang dapat ditampung di pasar yang rencananya akan dilengkapi basement dan lahan parkir. (ard/ann)

Sumber: http://www.waspada.co.id 30 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts