Bangkitkan Wisata Selayar dengan Kapal Militer

Makassar, Sulawesi Selatan — Pemprov Sulsel akan menyewa kapal TNI berkapasitas 600 orang untuk mengangkut para wisatawan ke Pulau Takabonerate, Selayar, pada pertengahan Oktober 2009. Kebijakan ini untuk menyambut kegiatan "Takabonerate Land Expedition" yang ditargetkan menyerap wisatawan mancanegara hingga ribuan orang.

Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Pemprov Sulsel, M Suaib Malombassi, mengatakan, Pemprov Sulsel akan berusaha membangkitkan potensi-potensi wisata di Sulsel. Untuk tahun ini, Takabonerate menjadi program utama untuk menarik perhatian internasional terhadap Sulsel.

"Wisata Takabonerate ini akan menampilkan kearifan lokal berupa makanan tradisional dan kebudayaan seluruh daerah di Sulsel. Kami juga akan menggelar lomba memancing bertaraf internasional," kata M Suaib Malombassidi kantor Gubernur Sulsel, Selasa (26/5).

Mengapa keunggulan wisata difokuskan pada Takabonerate? Suaib Malombassi beralasan, pulau tersebut memiliki keunggulan yang cukup luar biasa dari sisi wisata bahari. Selain itu, Takabonerate telah mendapatkan pengakuan sebagai kawasan terindah dari dunia internasional.
"Terumbu karang di Takabonerate sangat bagus. Apalagi banyak peninggalan sejarah yang berada di wilayah tersebut, seperti gong dan jangkar raksasa," terangnya.

Untuk mempermantap kegiatan tersebut, Pemprov akan menggelar promosi di beberapa daerah. Bahkan negara-negara besar seperti Cina, Malaysia, Singapura, dan Selandia Baru akan didatangi. Olehnya itu, Disbudpar telah menyiapkan anggaran promosi sebesar Rp 1,2 miliar.

Selain itu, Pemprov juga menyuntik anggaran Rp 565 juta. Anggaran tersebut terbagi untuk penyelenggaraan even Lovely December dan partisipasi even nasional dan internasional. "Soft opening Takabonerate akan kami gelar pertengahan Juni 2009. Puncak acaranya pada bulan Oktober," tandasnya. (R8/rus)

-

Arsip Blog

Recent Posts