Batu Suiseki Tarik Minat Turis

Medan, Sumatra Utara - Pameran Bursa dan Tanaman Hias 2009, di lapangan Ahmad Yani Medan, ternyata sangat menyedot perhatian banyak kalangan. Bukan hanya turis mancanegara saja yang berkunjung di pameran tersebut, melainkan partisipasi dari turis lokal pun juga mendukung terselenggaranya acara ini.

Satu hal yang menarik dalam pameran ini adalah Suiseki yang dalam paham seni Jepang artinya `batu air`. Batu itu merupakan jenis batuan bernilai seni tinggi yang tercipta alami akibat proses alam selama beberapa jutaan tahun. Sepintas batuan suiseki terlihat biasa saja. Namun, apabila diperhatikan secara detail, batuan itu bisa berbentuk dan menyerupai sesuatu, seperti bentuk alam seperti gunung, bentuk binatang, tebing, dan lain lain.

Seni Suiseki mulai muncul sekitar 1.500 tahun lalu yaitu tahun 618 sampai 907, di masa kerajaan Dinasti Tan dan Sung. Bagi warga Medan yang penasaran dengan seni Sueseki bisa menikmatinya di areal Taman Ahmad yani.

Batu-batu yang memiliki bentuk cukup unik ini ikut ditampilkan pada Pameran Bursa dan Tanaman Hias 2009. Menurut pengakuan peserta pameran, Iyan Batubara (47), ada 55 jenis batu yang siap dijual untuk kolektor. Tapi, sepanjang berlangsungnya pameran, warga Medan kelihatan belum banyak paham tentang seni Sueseki ini.

Hal ini terbukti hingga saat ini baru dua dari koleksinya yang laku terjual. Padahal harga yang ditawarkan tergolong cukup murah, mulai dari Rp 150.000 hingga sampai Rp 80 juta, tergantung bentuk batu dan ukurannya. "Masyarakat di Medan masih banyak yang belum tahu tentang keindahan dan keunikan batu Suiseki," tambahnya Senin (18/5).

Iyan mengaku, dirinya tertarik berburu dan mengkoleksi batu Sueseki ini sejak tahun 2002. Sudah cukup banyak daerah yang dikunjungi untuk berburu `batu air` yang merupakan nama lain dari batu Suiseki ini. Untuk mendapatkan batu Sueseki, dia harus menelusuri sejumlah sungai di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Tapi ada juga batu yang dibelinya dari pedagang yang lain. (dat01)

Sumber: http://www.waspada.co.id 18 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts