Belanja di Malaysia Tanpa Paspor

Jakarta - Setiap kali ingin berkunjung ke luar negeri kita wajib menunjukkan paspor. Namun hal ini tidak mutlak berlaku bagi yang ingin berbelanja di Malaysia lewat jalur Entikong, Kalimantan Barat. Di perbatasan Indonesia-Malaysia itu, kita bisa masuk wilayah negeri Jiran tersebut tanpa paspor. Cukup katakan ingin ke supermarket maka kita dapat melewati pos perbatasan tanpa perlu menunjukkan paspor.

Supermarket Sin Guan Tai nama lokasi belanja yang ramai didatangi orang-orang Indonesia hanya berjarak satu meter setelah pos perbatasan Indonesia-Malaysia. Tempat belanja yang sudah masuk kawasan Tebedu, Kuching, Malaysia tersebut menyediakan berbagai produk mulai dari peralatan dapur hingga makanan yang berasal dari Malaysia maupun negara Asia Tenggara lainnya.

Meski label harga yang tertera pada barang maupun makanan yang dijual adalah Ringgit, mata uang Malaysia. Namun kita bisa menggunakan rupiah untuk membayar.

“Bayarnya bisa pakai ringgit malaysia, rupiah ataupun uang brunei bisa,” ujar penjaga toko yang sudah ada sejak tahun 2003, Rabu (29/4). Menurut penjaga toko itu, di sini kerap kali ada orang Indonesia yang berbelanja. Baik sekedar kebutuhan pokok maupun makanan khas Malaysia. “Biasanya mereka beli Teh Tarik Tongkat Ali,” tambahnya dengan logat Malaysia yang kental.

Di tempat belanja tersebut, kurs Ringgit terhadap rupiah hampir tidak berubah. Perbandingannya satu berbading tiga, atau satu ringgit sama dengan tiga ribu rupiah.

Namun sekitar 2 kilometer setelah Supermarket Sin Guan Tai, akan menjumpai pos pemeriksaan. Di sana setiap orang akan di cek paspornya.

Jadi bagi yang tidak punya paspor, jangan coba-coba untuk meneruskan perjalanan. Namun setidaknya bagi yang belum pernah ke luar negeri terlebih tidak punya paspor. Setidaknya Supermarket Sin Guan Tai, Tebedu, Kuching, Malaysia bisa jadi pengalaman pertama berbelanja di luar negeri. (m)

Sumber: http://hariansib.com 4 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts