Candi Prambanan Ramai Wisatawan

Yogyakarta - Candi Prambanan di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng), Kamis, cukup ramai dikunjungi wisatawan berkaitan dengan libur Nyepi.
Selain wisatawan nusantara (wisnus), juga sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi taman wisata tersebut untuk menikmati keindahan bangunan candi peninggalan kerjaaan Hindu.

Candi Prambanan sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Prambanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB), Bambang Bandono mengatakan, pelayanan terhadap wisatawan pada libur Nyepi ini sama dengan hari biasa atau hari Minggu.

"Kami perkirakan jumlah pengunjung taman wisata Candi Prambanan pada libur Nyepi ini antara 1.500 hingga 1.800 orang atau sama dengan jumlah kunjungan wisatawan pada hari Minggu," katannya.

Selain melihat bangunan candi yang sudah selesai dipugar setelah rusak akibat gempa bumi Mei 2006 lalu, wisatawan juga menyaksikan dari dekat bangunan candi lainnya seperti Candi Lumbung, Bubrah dan Sewu.

"Khusus di kompleks Candi Sewu, kami menyediakan fasilitas angkutan kereta mini bagi pengunjung, karena untuk menuju candi tersebut jaraknya cukup jauh dari Candi Prambanan meskin masih dalam satu kawasan," katanya.

Ia mengatakan, dengan membeli tiket Rp5.000 per orang, wisatawan diantar melihat dari dekat kawasan Candi Sewu yang merupakan candi Buddha.

"Harga tiket masuk ke taman wisata Candi Prambanan sebesar Rp15.000 untuk dewasa dan Rp7.500 untuk anak-anak di bawah usia lima tahun," katanya.

Ia mengatakan, wisatawan juga ditawari paket wisata kunjungan Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko dengan hanya membeli tiket Rp25.000 per orang, minimal lima orang.

Ditanya target kunjungan wisatawan ke taman wisata Candi Prambanan, ia mengatakan pada 2009 ditargetkan ada kenaikan 10 persen, sehingga menjadi sekitar satu juta orang dari realisasi kunjungan wisatawan pada 2008.

"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke taman wisata Candi Prambanan selama 2008 mencapai 970.980 orang meliputi wisman 114.951 orang dan wisnus 856.029 orang," katanya. (*)

Sumber: antara.co.id (27 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts