Delapan Kabupaten Ikuti Festival Kawasan Selatan

Lumajang, Jatim - Sebanyak delapan kabupaten mengikuti Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) Jawa Timur yang diselenggarakan di Kabupaten Lumajang, 14-15 Desember 2010.

Kepala Kantor Pariwisata, Seni, dan Budaya Lumajang, Hendro Iswahyudi, Rabu, mengatakan, delapan kabupaten yang mengikuti FKKS yakni Kabupaten Lumajang, Jember, Banyuwangi, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan.

"Seluruh kabupaten yang mengikuti FKKS menampilkan kesenian tradisional masing-masing daerah," tuturnya.

FKKS di Kabupaten Lumajang dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Jarianto didampingi oleh Wakil Bupati Lumajang, As’at Malik, di Stadion Semeru Lumajang, Selasa (14/12) malam.

Menurut Hendro, beberapa agenda yang digelar berupa pagelaran seni budaya daerah kawasan selatan Jawa Timur dan pameran seni dan budaya pariwisata.

"Kami menggelar acara FKKS secara sederhana karena keterbatasan dana, namun semangat untuk memelihara kesenian tradisional terus dikobarkan melalui sejumlah kegiatan FKKS," paparnya.

Kabupaten Pacitan menampilkan tari Kethek Ogleng, Kabupaten Trenggalek menampilkan tari Teleng, tari Kencono dan Turonggo Yaksa, Kabupaten Tulungangung menampilkan tari Reog Kendang dan Reog Kendang Campursari.

Sementara Kabupaten Lumajang menampilkan tari Narariya Kirana, Kabupaten Blitar menampilkan tari Pesona Penataran, Siraman Gong, dan Kyai Prada, Kabupaten Malang menampilkan tari Grebeg Brang Wetan dan Panji Laras Kembar, Kabupaten Jember menampilkan tari Legenda Puger, dan Kabupaten Banyuwangi menampilkan Joko Umbaran Winisudo dan Selendang Kawung.

Kegiatan FKKS di Lumajang, lanjut dia, bertepatan dengan HUT ke-755 Kabupaten Lumajang atau dikenal dengan Hari Jadi Lumajang (Harjalu).

"Untuk memeriahkan HUT ke-755 Kabupaten Lumajang, sebanyak delapan peserta FKKS melakukan kirab budaya dari Stadion Semeru menuju ke alun-alun kota Lumajang," jelasnya.

Ia mengemukakan, kirab budaya bertujuan mengenalkan kesenian khas masing-masing kabupaten yang berada di wilayah selatan Jawa Timur kepada warga Kabupaten Lumajang.

"Dalam kirab budaya, Kabupaten Lumajang menampilkan tari kolosal Tari Narariya Kirana, sedangkan Kabupaten Blitar menampilkan replika Candi Penataran," katanya menambahkan.

-

Arsip Blog

Recent Posts