Depbudpar Gelar Lomba Foto Sadar Wisata 2009

Jakarta - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) menggelar Lomba Foto Sadar Wisata 2009 dengan total hadiah Rp75 juta. "Hasil karya foto terbaik dari seni fotografi ini menjadi signifikan dalam menginformasikan dan menyebarluaskan peran masyarakat dalam pembangunan wisata daerah," kata Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Depbudpar, Firmansyah Rahim, di Jakarta, Jumat.

Kegiatan lomba foto yang mengangkat tema "Meningkatkan Peran Masyarakat dalam Menerapkan Sapta Pesona Melalui Lomba Foto Sadar Wisata 2009" itu terbuka untuk umum. Lomba dimulai sejak 15 April hingga 30 Juni 2009 sebagai batas akhir penyerahan karya foto ke pihak panitia lomba.

Menurut Firman, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan butir-butir Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan) melalui seni fotografi. "Sebelumnya, karya foto terbaik dan masuk dalam nominasi juara lomba akan dipamerkan dalam acara pameran foto yang digelar di mall Senayan City di Jakarta selama tiga hari 17-19 Juli 2009," katanya.

Sementara pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada 19 Juli 2009. Dewan juri terdiri dari lima orang yakni Arbain Rambey (ahli fotografi dari koran Kompas), Hilda Sabri Sulistyo (Pemerhati Pariwisata dari Harian Bisnis Indonesia), Oscar Matuloh (ahli fotografi, Direktur Galeri Foto LKBN ANTARA), Sigit Pramono (ahli fotografo, Komisaris Bank BCA), dan Bakri (ahli pariwisata, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Depbudpar). Kelima juri akan menyeleksi karya foto tersebut kemudian menetapkan tujuh pemenang dari juara pertama hingga juara harapan dan favorit.

Pantia akan memberikan hadiah uang sebesar Rp10 juta untuk juara pertama ditambah dengan piala Menbudpar serta piagam penghargaan. Sedangkan juara kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp7,5 juta dan Rp5 juta serta tropi dan piagam. Sementara juara harapan satu mendapat hadiah uang Rp3 juta serta piagam, sedangkan juara harapan dua dan tiga masing-masing Rp2 juta dan Rp1 juta serta piagam. Untuk karya foto favorit versi pengunjung akan mendapat hadiah uang sebesar Rp3 juta dan piagam. Menbudpar, Jero Wacik, mengharapkan lomba foto itu dapat mendorong masyarakat tentang pentingnya peran pariwisata dalam menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Puteri Pariwisata 2008, Albertina Fransisca Mailoa, mengatakan, lomba foto tersebut penting karena fotografi merupakan media yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. "Fotografi juga merupakan media visual yang paling baik untuk menerapkan butir-butir Sapta Pesona," katanya. (antara)

Sumber: http://www.antara.co.id 25 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts