Destinasi Wisata, 9 Provinsi Prospektif

Jakarta - Tiap provinsi di Indonesia punya kekayaan budaya yang layak dijadikan destinasi wisata. Sembilan provinsi menanti untuk dieksplor kekayaan wisatanya lebih dalam.

Sebagai negara yang dilintasi garis khatulistiwa, Indonesia memiliki beragam kebudayaan, ras, agama, dan keindahan alam. Tak seperti belahan dunia lain, keterlambatan pembangunan fisik di Indonesia membuat berbagai keaslian obyek wisata lebih bertahan, bersama varian pola sosiologis dan kultural yang ada di setiap pelosok Tanah Air.

Dari beberapa potensi pariwisata tersebut, Kemenbudpar mampu meraih devisa sebesar USD7 juta tahun 2010 untuk Indonesia.

“Dengan pencapaian tersebut, kami sangat bersyukur, karena selama sekian tahun kami hanya bisa mendapatkan USD 5 juta,” jelas Jero Wacik, Menteri Budaya dan Pariwisata saat membuka Rakornas Kemenbudpar 2010 di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jakarta, belum lama.

Jero menambahkan, pencapaian tersebut diharapkan meningkat hingga pada 2014 bisa mencapai USD10 juta, dan pada 2024 bisa mencapai USD20 juta.

“Guna meningkatkan pendapatan dari pariwisata tahun depan, kami akan banyak mengadakan even-even budaya dan pariwisata. Agar para wisatawan mancanegara mau datang ke Indonesia,” tambahnya.

Dipaparkan Jero, beberapa daerah yang berpotensi tujuan wisata dan akan dibidik tahun depan, di antaranya Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Batam, Papua, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Indonesia juga punya porsi tersendiri untuk dinikmati sebagai Oriental Tourism (wisata Timur Jauh) oleh karena akar budaya Melayu yang kental dengan nilai keislaman.

-

Arsip Blog

Recent Posts