Dzikir Awali Pesta Budaya Tabuik

Pariaman - Kegiatan zikir bersama direncanakan akan mengawali Pesta Budaya Tabuik Pariaman, Sumbar, yang akan digelar pada 7 hingga 19 Desember 2010.

Wali Kota Pariaman, Mukhlis R di Pariaman, Selasa mengatakan, kegiatan Pariaman Berdzikir selain sebagai pembuka rangkaian acara Pesta Tabuik juga untuk memperingati Tahun Baru Islam 1432 Hijriyah.

"Kegiatan ini dikemas juga untuk meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat, memperkaya rohani dan memanjatkan doa agar kota Pariaman dihindarkan dari segala marabahaya dan bencana,” kata Mukhlis.

Wali Kota juga mengajak seluruh warga agar dapat mengikuti kegiatan berdzikir bersama itu. Kegiatan dzikir digelar pada tanggal 7 Desember pukul 08.00 WIB di Pantai Gandoriah Pariaman.

Sementara, Ketua Pelaksana Pesta Tabuik, Drs.Mardison Mahyudin menambahkan, bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan dzikir juga akan dilaksanakan acara penggalangan dana.

Penggalangan dana dilakukan guna membantu korban gempa dan tsunami Mentawai dan korban letusan Gunung Merapi, sehingga Pesta Tabuik kali ini juga memiliki slogan "Tabuik Peduli Bencana".

Pesta Tabuik digelar sebagai simbol peringatan peristiwa Perang Karbala sekaligus mengenang tewasnya cucu Nabi Muhammad SAW.

Mardison berharap, kegiatan Hoyak Tabuik ini tambah dikenal oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Dikatakannya, tahapan pertama pesta Tabuik ini dimulai pada 1 Muharram 1432 H, yakni diawali dengan Pawai Satu Muhaaram dan ritual "maambiak tanah" atau mengambil tanah.

Prosesi selanjutnya akan dilakukan pada tanggal 14 Desember, yakni "Manabang Batang Pisang" (Menebang Pohon Pisang).

Dari prosesi pertama hingga prosesi kedua, kata Mardison, para pengunjung akan dapat menyaksikan berbagai hiburan yang bernuansa Islam, kesenian tradisional Minangkabau dan berbagai pagelar kesenian serta lomba-lomba bernuansa Islam bagi anak-anak, mulai dari tingkat PAUD hingga SLTA.

Kemudian prosesi ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember, yakni "Maatam dan Maarak Jari-Jari".

Keesokkan harinya pada tanggal 17 Desember akan dilanjutkan dengan prosesi "Maarak Saroban" dan pada tanggal 18 Desember dilanjutkan lagi dengan prosesi "Tabuik Naiak Pangkek".

Puncak dari pesta budaya tabuik tahun 2010 ini, yakni "Hoyak Tabuik" akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember di Pasar dan Pantai Gandoriah Pariaman.

-

Arsip Blog

Recent Posts