Gregorius Agung Ketua POSSI Babel: Selam Memajukan Wisata Bahari

Pangkalpinang, Bangka Belitung - Kemarin Jumat (27/3) bertempat di lantai tiga gedung perkantoran Gubernur Babel, Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) melantik pengurus POSSI Babel masa bakti 2009-2013. Dalam kesempatan tersebut, dikukuhkan ketua terpilih Letkol Laut (P) Gregorius Agung WD sebagai Ketua Umum Pengda POSSI Babel. Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bangka Belitung sekaligus pelindung POSSI Babel Eko Maulana Ali serta pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Harian PB POSSI pusat, Merari Nainggolan mengakui masih banyak yang mengetahui organisasi POSSI. Padahal di 30 provinsi di Indonesia sudah dibentuk pengurus, sedangkan tiga provinsi yang belum adalah Maluku Utara, NTT, dan Sulawesi Barat.

“Ini akan menjadi tugas kita bersama, seharusnya seluruh Indonesia sudah ada POSSI-nya. Kita harapkan ke depan segera terbentuk,” ungkap Merari.

Pengurus POSSI berasal dari beberapa unsur, mulai pengusaha, militer hingga pemerintahan, dengan harapan banyaknya unsur terlibat bisa membentuk kekuatan yang baik. “Hanya saja tinggal bagaimana kekuatan itu disinergikan. Seperti diketahui olahraga selam pada PON 2004 mendapat medali perunggu, kemudian PON 2008 hanya masuk urutan keempat. Saya yakin dengan adanya pengurusan seperti ini, ke depan akan jauh lebih baik,” katanya.

Merari menambahkan, banyak program yang sudah direncanakan, di antaranya bulan Mei diadakan kejuaraan nasional antar pelajar, berupa olahraga rekreasi bekerjasama dengan angkatan laut untuk membuat rekor dunia dalam bidang selam. “Saya percaya melalui pengurus ini semua dapat berjalan dengan baik, sesuai yang kita harapkan,” harapnya.

Gubernur Babel, Eko Maulana Ali mengatakan, olahraga selam merupakan jenis olahraga istimewa. Olahraga ini punya muatan prestasi, rekrasi dan profesi. Eko mengingatkan, selam sudah ada di Indonesia sebelum tahun 1962, tetap kebanyakan dilakukan orang asing yang bekerja di Indonesia. “Makanya saya berpesan kepada seluruh pengurus POSSI yang baru saja dilantik untuk dapat mengembangkan olahraga ini, dan segera membentuk pengurus di tingkat kabupaten/kota,” kata Eko.

Eko juga berharap olahraga selam diminati masyarakat yang berimplikasi pada pengembangan wisata tirta/bahari, khususnya pemotretan potensi laut yang banyak dimiliki Babel sebagai modal mengembangkan pariwisata baik tingkat lokal maupun regional. “Semoga upaya yang kita lakukan dapat meningkatkan geliat pembangunan di bidang olahraga selam di Bangka Belitung,” harap Eko. (i4)

Sumber: http://www.posbelitung.com (30 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts