Jero Wacik: Silakan Datang ke Yogya

Yogyakarta - Indonesia melalui Kemenbudpar memperlihatkan kepada dunia bahwa Yogyakarta pascaerupsi Merapi sudah terbuka untuk wisatawan dari seluruh dunia. Hal tersebut diungkapkan Menbudpar Jero Wacik pada acara penutupan Wisdom 2010 di Universitas Gajah Mada (UGM), Rabu (8/12/2010).

Pada kesempatan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada peserta Wisdom 2010 terutama delegasi asing yang telah datang ke Yogyakarta. Kedatangan mereka akan menunjukkan kepada dunia bahwa Yogyakarta sudah bisa dikunjungi. Selain itu, hal tersebut juga merupakan bentuk solidaritas. "Solidaritas adalah bagian dari kearifan lokal. Walaupun Yogya belum bersih sempurna, tapi kalian tetap datang," katanya.

Dalam jumpa pers usai penutupan Wisdom 2010, Jero mengatakan bahwa ia mengajak United Nation World Tourism Organization (UNTWO) dan UNESCO meninjau Candi Borobudur. Sekaligus membuat pernyataan kepada dunia melalui media asing dan media lokal bahwa Yogyakarta sudah bisa dikunjungi. Selain itu menjelaskan Candi Borobudur sebagai UNESCO Heritage Site.

Jero juga menuturkan bahwa untuk menarik wisatawan, ia akan membawa acara-acara internasional ke Yogyakarta. Karena itu wisata MICE akan digerakkan. "Saya sedang membuat daftarnya, akan ada puluhan event. Ada 2 KTT ASEAN dan menyongsong itu ada pertemuan-pertemuan menteri. Beberapa event akan dilempar ke Yogya," jelasnya.

Menurut Jero, kali ini berbeda dengan gempa Yogya 2006 yang pada saat itu banyak hotel dan tempat wisata yang retak dan rubuh. Pascaerupsi Merapi, pariwisata lebih cepat pulih daripada gempa 2006. Walaupun sekarang ini wisata di Cangkringan dan Kaliurang yang terletak dekat Merapi belum benar-benar pulih.

Sedangkan menurut Executive Director UNWTO Marcio Favilla, pihaknya akan mengeluarkan siaran pers hari ini juga yang berisi pernyataan bahwa Yogyakarta sudah bisa dikunjungi. Siaran pers akan disebar ke seluruh dunia. Harapannya hal ini akan membantu promosi wisata.

Jero menambahkan dengan kehadiran Favilla di Yogyakarta juga menegaskan kepada dunia bahwa Yogyakarta sudah kondusif.

-

Arsip Blog

Recent Posts