Komplitnya Nasi Bogana Gaya Tegal

Jakarta - Kalau bingung mau makan apa siang ini, pilih saja nasi plus lauk-pauk. Nasi rames gaya Tegal ini lauknya komplet, ada yang pedas, manis dan gurih. Setelah dibungkus dengan daun pisang, rasanya makin sedap. Istilah nasi rames ditujukan untuk nasi putih yang dilengkapi aneka lauk. Lauknya berupa sayuran, tempe, tahu, ayam atau daging sapi, dan sambal.

Versi nasi rames nusantara sangat banyak. Ada nasi langgi, nasi kapau, nasi Bali, nasi megono, nasi kuning dan berbagai jenis nasi lainnya. Tiap daerah punya keunikan dalam racikan lauknya. Di Tegal Jawa Tengah, dikenal nasi rames dengan sebutan nasi bogana. Nasi ini terdiri dari nasi putih dengan lauk kari atau opor ayam, dendeng, sambal cabai merah iris, telur pindang, serundeng, oseng tempe dan oseng buncis. Nasi ini dibungkus dengan daun pisang sehingga rasanya makin sedap terkena aroma daun pisang.

Di Jakarta, nasi bogana dijual di hampir tiap resto daerah terutama Jawa Tengah. Menyantap nasi bogana dijamin kenyang karena one dish meal ini sudah komplet isi dan nutrisinya. Selain itu harganya juga tak terlalu mahal, berkisar dari Rp. 12.000,00 hingga Rp. 15.000,00 per bungkus, tergantung isi lauknya. Kalau ingin mencicipi nasi bogan, mungkin salah satu restoran atau warung makan berikut ini bisa Anda singgahi. Beberapa restoran juga melayani pesan antar. (Odilia Winneke)

Sumber: http://food.detik.com 20 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts