Konsulat Jenderal India Kagumi Pariwisata Sumut

Medan, Sumatra Utara — Konsulat Jenderal India di Medan, Madan Chhabbra, menyatakan bahwa provinsi Sumatra Utara memiliki objek pariwisata yang potensial untuk dipasarkan ke luar negeri. Pernyataan tersebut disampaikan di kantor Konsulat India untuk Medan, di Medan Kamis (28/5). "Menurut saya, objek pariwisata Sumatra Utara semisal Danau Toba dan Brastagi memiliki ciri khas yang menarik untuk dikenalkan di luar negeri. Terlebih, saya telah menikmati sendiri daerah tujuan wisata di Sumatra Utara," tutur Madan Chhabra dengan senyum ramahnya.Rata Penuh

Walau mengaku belum mengetahui pasti tujuan kedatangan masing-masing warga negara antara India dan Indonesia, namun Madan Chhabra optimis bahwa industri pariwisata antara kedua negara bakal lebih maju bila dipromosikan secara kontinual. "Untuk melaksanakan hal tersebut, peran media juga vital dalam mempromosikan daerah tujuan wisata. Khususnya media online, yang jangkauannya sampai ke luar negeri," jelas Madan Chhabra yang mengaku telah menjabat sebagai Konjen India di Medan sejak April 2007.

Madan Chhabra menjelaskan, selain mempromosikan melalui media, pemerintah India juga melakukan promosi dengan memberikan tur wisata ke tujuan wisata India kepada pelajar/mahasiswa. Pelajar/mahasiswa yang beruntung, diberi kesempatan "mencuci mata" dan menambah wawasan gratis di daerah tujuan wisata India yang telah dikenal di seantero dunia. "Seperti Taj Mahal," sahut Madan bangga, sembari menunjukkan potret salah satu rombongan pelajar/mahasiswa tersebut dengan latar Taj Mahal.

"Bila terus digalakkan maka bukan suatu kebetulan bila industri wisata India dan Indonesia bisa sama-sama berhasil karena hubungan budaya dan masyarakat yang telah mengakar sejak lama," tutup Madan Chhabra. (dat02/wol-mdn)

Sumber: http://www.waspada.co.id 29 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts