Kraton GM Saunan Wisata Budaya Ketapang

Ketapang, Kalimantan Barat - Kraton Gusti Muhammad (GM) Saunan adalah salah satu objek wisata menarik yang dapat dijumpai di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Keraton ini terletak di Kelurahan Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong, hanya sekitar 30 menit ditempuh dengan sepeda motor dari Kota Ketapang. Pendirian Keraton Panembahan Gusti Muhammad Saunan di mulai sejak Panembahan Anom Kusuma Negara. Namun pada zaman GM Saunan inilah Keraton ini dipercantik dengan gaya Eropa.

Koleksi yang masih ada di Keraton ini adalah Meriam Padam Pelita, kain tenun khas kerajaan dan beberapa koleksi benda sejarah. Peninggalan sejarah yang populer di keraton ini adalah adanya meriam yang dikenal dengan nama Meriam Padam Pelita. Konon menurut cerita orang dulu apabila meriam ini dibunyikan maka seluruh Ketapang pada waktu itu, lampu pelitanya akan padam terkena bisa suara meriam ini. Yang lebih aneh lagi, diceritakan meriam ini meskipun kecil akan tetapi beratnya sangat luar biasa sehingga hanya kerabat keraton saja yang bisa mengangkatnya. Peninggalan lain yang cukup unik adalah koleksi aneka motif kain kerajaan yang sudah berusia 200-300 tahun, di antaranya motif corak nage belimbur, pelangi bekubak, corak linsang dan lain sebagainya yang tak kalah uniknya.

Selain peninggalan-peninggalan tersebut terdapat juga aneka keramik dari berbagai dinasti dari Cina, Thailand dan Eropa. Keramik adalah salah satu peninggalan yang tersisa. Melalui koleksi keramik ini dapat diketahui peradaban masyarakat Ketapang pada masa lalu dan ini menunjukkan hubungan yang lancar antara Kerajaan Ketapang dengan negara luar dan kerajaan-kerajaan lain di Nusantara. Tindakan melindungi, melestarikan, dan memanfaatkan kekayaan budaya harus dilakukan oleh generasi sekarang ini. Tak terkecuali juga generasi yang akan datang. Kekayaan seni dan budaya telah menjadikan citra keindahan dan keunikan tersendiri bagi daerah Kabupaten Ketapang.

Seni budaya daerah selatan Kalbar ini tidaklah mungkin dilupakan dan dihilangkan hanya karena ketidaktahuan, serta ketidaksadaran tentang nilai-nilai budaya leluhur yang terkandung di dalamnya. Salah satu objek wisata budaya yang berada di Kabupaten Ketapang adalah Keraton GM Saunan. Keraton yang merupakan istana kerajaan pada zamannya ini banyak meninggalkan nilai-nilai sejarah yang menunjukkan bahwa dulunya daerah ini merupakan bangsa yang besar.

Hal ini terbukti dengan peninggalan peninggalan yang ada di Keraton ini ditambah sekarang ini telah disediakan sebuah Taman Keraton. Letaknya berada dipinggir Sungai Pawan persis di depan Keraton sehingga menambah kesegaran kesejukan dan keindahan pemandangan di Keraton ini. Aset peninggalan bersejarah ini, di antaranya dapat dimanfaatkan untuk Pusat Informasi Budaya dan Pariwisata.

Dengan berbagai kemungkinan teknologi informasi yang semakin modern, akan dapat menyumbangkan informasi dan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus. Generasi penerus tidak hanya memerlukan mal, supermal, dan supermarket yang telah berjubel di kota-kota. Tetapi juga perlu diberi makanan untuk "jiwa dan raganya", demi kebangkitan dalam membangun masa depan bangsanya dengan cara yang lebih berbudaya. Generasi pendahulu telah meninggalkan karya dengan "muatan sejarah politik dan sejarah budaya lokal" dalam membangun bangsanya ini. Warisan ini perlu dilindungi, dirawat, serta dimanfaatkan, selain juga menjadi sebuah contoh hasil karya masa lalu yang membanggakan. (lud)

Sumber: http://www.equator-news.com 11 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts