Kreasi Melayu Award 2010 Diraih Enam Daerah

Bengkulu - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu, Agus Setiyanto SH. M. Hum., mengatakan enam daerah telah menampilkan kreasi seni tari Melayu diajang perlombaan seni tari, pada Festival Tabot 2010.

Mereka patut menerima KMA 2010, karena telah mewakili daerahnya masing-masing dalam menampilkan seni tari Melayu. Bahkan, mereka menyuguhkan penampilan yang sangat bagus, dengan kreasi sendiri, khas daerahnya masing-masing, ucap Agus.

Masih menurut Agus, ke depan perlu dilakukan terobosan baru, agar kegiatan tersebut lebih semarak lagi. Ia mengatakan, berdasarkan masukan dari pihak terkait, ajang seni tari Melayu tidak akan dilombakan, melainkan akan dikonsep dalam sebuah festival.

Dengan festival, penilaian dilakukan berdasarkan keunggulan-keunggulan kreasi yang ditampilkan setiap peserta. Tidak ada yang kalah, karena juri akan menilai keunggulan setiap penampilan yang memang dimiliki oleh setiap peserta, ujarnya.

Agus mengatakan, dengan format festival, akan mendorong peserta tampil lebih kreatif dan membangkitkan semangat bagi setiap daerah untuk terus mengikuti festival. Dengan demikian, seni tari Melayu tetap berkembang di setiap daerah dan tetap terjaga sebagai khasanah budaya yang perlu dilestarikan. Langkah ini akan kita lakukan untuk merespon pendapat dari kabupaten/Kota.

Dengan langkah ini, ia yakin nantinya setiap kabupaten/kota akan lebih aktif untuk mengikutinya dengan mengirimkan perwakilan daerahnya masing-masing. Peserta harus mewakili daerah Kabupaten atau Kota. Tidak lagi mewakili sanggar, tandasnya.(100)

-

Arsip Blog

Recent Posts