Kuburan Pahlawan tidak Terurus

Banda Aceh - Kuburan pahlawan Aceh yang berasal dari Aceh Selatan, Teuku Tjoet Ali, kondisinya sangat memprihatinkan. Hal ini ditemukan oleh Sekretaris Komisi D, DPRA, Almanar saat berkunjung ke daerah itu, kemarin. Saat berkunjung, ia didampingi Geuchik Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, Abizami serta tokoh pemuda Kluet Raya, Muhammad Hasbi.

Menurut Almanar, bangunan gedung kuburan sudah retak dan tidak terurus. Jarak dengan pinggir pantai Krueng Kandang hanya sekitar lima meter dan sekitar kuburan hanya ada pengaman tebing yang daya tahannya sangat mengkhawatirkan dan terancam roboh bila air sungai meluap. Hal lain, pemancangan tiang penyangga tidak sampai delapan meter dari permukaan air. Masyarakat Suak Bakong meminta kuburan ini dipugar serta direhab sebagaimana mestinya. Begitupun tanggul pengaman yang ada juga direhab dengan perencanaan matang dan melibatkan masyarakat setempat.

Menurut Almanar, pemugaran kuburan menjadi tupoksi Dinas Pariwisata Aceh dan berharap segera diturunkan tim ke lokasi. Begitu juga pada Dinas Pengairan Aceh agar mendata ulang rencana pengaman tebing sungai Kandang sehingga kokoh. Kemudian perlu digesar beberapa meter sehingga hamalan kuburan luas serta memudahkan para penziarah. (swa)

Sumber: http://www.serambinews.com (27 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts