Lingga Fishing Festival Bakal Seru

Lingga, Kep. Riau - Lingga Fishing Festival (LFF) atau lomba memancing ikan di laut yang bakal digelar pada 25 April mendatang bakal berlangsung seru karena diperkirakan jenis ikan ekonomis bakal banyak pada tanggal tersebut, di antaranya jenis ikan sagai, kaci, bulat, dan ketaraf. Ketua Panitia LFF 2009 yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga Ir. Muhammad Ishak mengatakan, beberapa nelayan Pulau Pena`ah yang dijumpainya mengaku bahwa tanggal 25 April itu bertepatan dengan 28 hari bulan tahun hijriah. Kepercayaan masyarakat setempat waktu-waktu tersebut sangat bagus untuk memancing. "Mudah-mudahan kita berharap pada pelaksanaan LFF tersebut cuaca baik,"ujarnya.

Dijelaskan Ishak, panitia Lingga Fishing Festival (LFF) juga bersama masyarakat telah membuat rumpon di sekitar lokasi sebagai alat pembantu untuk pengumpul ikan yang telah diletakkan di laut sekitar satu bulan lalu. Untuk memudahkan peserta lomba memancing ikan dilaut yang diperkiraan mencapai 500 peserta meningkat dari tahun 2008 lalu.

Di samping itu, lanjut dia, para nelayan juga berpesan kepada para pemancing agar pada saat lomba tidak memakai tali pancing yang terlalu besar, cukup pakai nomor 15 atau 20 dengan mata pancing sebelas dengan sistem mudem, terutama untuk memancing ikan sagai.

Untuk menyambut iven tahunan dinas pariwisata itu, para nelayan mulai saat ini tidak melakukan aktivitas memancing di fishing area (lokasi pancing) yang akan dilombakan pada tanggal 24-25 April 2009 nanti. "Karena mereka sudah sepakat tempat itu harus dijaga sehingga peserta LFF nanti bisa puas memancing ikan,"ungkap Ishak mengakhiri. (sm/in).

Sumber: http://sijorimandiri.net 16 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts