Lomba Busana Tradisional untuk Barbie

Bandung, Jawa Barat - Anak-anak remaja putri maupun kaum ibu tentunya mengenal boneka Barbie. Nah, boneka populer asal Amerika Serikat tersebut diperlombakan di Bandung, Jawa Barat, namun harus dibuat berpenampilan menarik mengenakan batik serta busana tradisional daerah. Barbie, misalnya, didandani dengan batik, atau dengan busana tradisional daerah lainnya serta busana pengantin daerah di Indonesia. Dengan pakaian daerah pun, boneka yang menjadi idola anak-anak, remaja putri, serta kaum ibu ini tetap terlihat cantik serta menarik.

Dengan berpenampilan seperti layaknya perempuan Indonesia pada umumnya, boneka Barbie berpakaian batik serta busana tradisional daerah ini sengaja diperlombakan di sebuah Galeri Barbie di Bandung, dengan melibatkan puluhan peserta sebagai desainernya. Setiap peserta terdiri dari remaja putri dan kaum ibu ini, berlomba membuat dan sengaja bebas memilih desain pakaian batik serta busana tradisional daerah yang diinginkannya. Lalu busana ini dikenakan pada boneka Barbie.

Butuh ketelatenan dan ketelitian untuk membuat desain batik maupun busana tradisional, agar boneka Barbie berukuran kecil ini bisa berpenampilan menarik. Tak heran, peserta membutuhkan waktu berhari-hari merangkai pola desain busana hingga pernak-pernik disesuaikan ukuran boneka. Perlombaan terkait Peringatan Hari Kartini ini juga dimeriahkan peragaan busana batik dan busana tradisional daerah dengan peserta anak-anak.

Layaknya model, satu persatu anak berlenggak-lenggok memperlihatkan pakaian batik serta busana tradisional daerah yang dikenakannya. Perlombaan sengaja bertujuan lebih memperkenalkan batik serta busana tradisional kepada anak-anak. Perlombaan memilih desain boneka busana tradisional, pengantin tradisional serta model cilik busana tradisional. (doa)

Sumber: http://www.elshinta.com 30 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts