Malaysia-Indonesia Gagas Paket Wisata 3 in 1

Kuala Lumpur, Malaysia - Kementerian Indonesia dan Malaysia bekerjasama memperkenalkan paket wisata 3 in 1 yang akan diluncurkan Agustus 2009. Dalam paket wisata itu, tiga situs peninggalan sejarah di dua negara akan dikunjungi. Menteri Pariwisata Malaysia Ng Yen Yen menjelaskan, tiga situs peninggalan sejarah tersebut adalah Georgetown di Penang, Malaka, dan Candi Borobudur. Candi Borobudur telah diakui sebagai situs peninggalan sejarah dunia (world heritage) oleh UNESCO.

‘‘Kami akan melakukan pertemuan untuk merumuskan program ini,‘‘ kata Yen, seperti dikutip kantor berita Malaysia, Bernama, Selasa (12/5). Ditambahkan, target yang akan dibidik adalah wisatawan dewasa atau pensiunan yang tertarik mengunjungi situs bersejarah.

Dalam paket wisata itu, Borobudur tetap jadi bintang. ‘‘Kami tahu Indonesia menerima banyak wisatawan dari Eropa, kebanyakan mengunjungi Borobudur. Ini kesempatan untuk kita mempromosikan peninggalan sejarah Malaysia,‘‘ ujar Yen.

Sebelumnya, dalam perayaan Hari Waisak tahun 2553, perhelatan besar diselenggarakan di Candi Borobudur, yakni “Jejak-Jejak Peradaban” (Trail of Civilization), enam negara yang memiliki jejak peradaban yang sama. Enam negara itu mempunyai objek peninggalan sejarah dan kebudayaan Buddha yang serupa, yaitu Borobudur (Indonesia), Luang Prabang (Laos), Angkor Watt (Kamboja), Ayuthaya (Thailand), Kwe dan Bagan (Myanmar), dan Ocoe (Vietnam). Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan menyelenggarakan Borobudur International Festival (BIF) 2009 di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang, Jateng, 16-20 Juli 2009. (kim)

Sumber: http://batampos.co.id 14 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts