Malaysia Meriahkan Festival Sriwijaya

Palembang, Sumsel - Malaysia bakal ikut meriahkan Festival Sriwijaya XVIII yang akan dilaksanakan di Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), pertengahan Juni 2009. “Malaka, Kuala Lumpur, dan Negeri Sembilan bakal ikut Festival Sriwijaya XVIII di Palembang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Euis Rosmiati di Palembang, Selasa (19/5). Menurut dia, selain dari Malaysia, Festival Sriwijaya itu juga akan diikuti lima provinsi di Indonesia yakni Kabupaten Tanah Datar di Sumatra Barat, Bengkulu, Pangkal Pinang, Yogyakarta, dan Kalimantan Timur.

“Selain itu, sebanyak 15 kabupaten dan kota di Sumsel juga bakal ikut meriahkan Festival Sriwijaya tersebut”, lanjut Rosmiati. Ia mengatakan, pada pembukaan 16 Juni 2009 akan menampilkan parade budaya dari tim kesenian kabupaten dan kota se-Sumatra Selatan dan dilanjutkan "Genta Sriwijaya" yang mengkolaborasikan antara tarian, musik, busana dan elemen grafis Sumsel. “Selain itu juga akan dilaksanakan pergelaran kesenian dari masing-masing tim kesenian kabupaten dan kota di Sumsel dan tim kesenian dari provinsi/negara,” katanya.

Ia menyatakan, kegiatan itu juga ada lomba musik kampus, mancing internasional, pasar wisata, pagelaran panggung sapta pesona, dan nonton bersama untuk pelajar dan mahasiswa. Kegiatan lainnya seperti pameran seni rupa, hiburan rakyat, lomba perahu hias, lomba bidar prestasi yang diselenggarakan oleh pihak Kota Palembang. Pada Festival Sriwijaya XVIII itu juga akan digelar Sriwijaya Expo 2009. (ant)

Sumber: http://www.antara.co.id 20 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts