Melestarikan Lingkungan Demi Wisata

Pangkalpinang, Babel - Lingkungan hidup punya kaitan erat dengan pariwisata. Maka dari itu Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang giat-giatnya menggalakkan pelestarian lingkungan demi memajukan dunia wisata Bangka Belitung.

“Apalagi yang diandalkan pariwisata kalau lokasinya tidak didukung, misalnya kotor dan tidak memberikan kenyamanan, bagaimana wisatawan mau datang?” ungkap Kepala Badan Lingkungan Hidup (KLH) Pangkalpinang, H Bani Baehaki, Sabtu (2/5) usai kegiatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang.

Bani meminta masyarakat Pangkalpinang dan sekitarnya untuk mengubah budaya agar cinta lingkungan. Menurut Bani, kebersihan dan keindahan lingkungan harus dimulai sejak di pintu gerbang bandara, dan terus masuk ke kota. “Apalagi Pangkalpinang sebagai ibukota provinsi, kalau tidak bersih, tidak teduh dan gersang maka tidak akan ada nilai jualnya,” ujarnya.

Bani menyatakan, Walikota Pangkalpinang dan Gubernur Babel punya keinginan yang sama dalam hal melestarikan lingkungan. Walikota mencanangkan Green Evolution sedangkan gubernur mencanangkan Visit Babel Archi. “Kalau tidak ada sinergi semuanya nonsen, tidak akan berhasil. Misalnya pak gubernur menggebu-gebu mencanangkan Visit Babel Archi, namun tidak didukung pemerintah kota, maka tidak akan berhasil,” ungkap Bani.

Bani mengakui masih terdapat kekurangan di sana-sini. “Tapi yang penting ada kemauan ke depan lebih bagus. Sekarang kita sedang menggenjot agar CSR berpartisipasi menyejukan kota melalui penghijauan, maupun air bersih untuk masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Akhmad Elvian menambahkan, sesuai RPJM Kota Pangkalpinang untuk empat tahun ke depan adalah pengembangan wisata boga atau wisata kuliner. (rya)

Sumber: http://www.posbelitung.com 6 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts