Mencicipi Tahu Wong Tegal, Enak Tenan!

Tegal, Jawa Tengah - Tahu yang lembut di dalam dan garing di luar andalan wong Tegal ini memang terkenal akan rasanya yang khas. Keunikannya terletak pada adonan aci berbumbu sebagai toppingnya. Saat disantap panas-panas plus dicocol sambal kecap atau tauco, rasanya yang lembut gurih jadi enak tenan!

Jika jalan-jalan ke Tegal yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi tahu Slawi. Tahu Slawi memang merupakan makanan andalan dari daerah Slawi yang merupakan ibu kota Tegal. Tahunya terbuat dari tahu berwarna kuning muda berbentuk segi tiga. Kemudian tahu diberi topping berupa adonan aci atau kanji, bawang putih, dan cacahan daun kucai. Sebagai pelengkap menikmati tahu ini ada sambal tauco atau cabai rawit.

Selain tahu Slawi di Tegal ada pula varian lain tahu yang biasa disebut tahu pletok. Tahu ini biasanya dijual di warung-warung yang menjual makanan khas Tegal. Bentuknya sedikit berbeda dengan tahu Slawi, karena terbuat dari irisan tahu putih yang membujur. Untuk isiannya tak berbeda jauh dengan tahu Slawi yang memakai adonan aci berbumbu.

Pemakaian nama `pletok` sendiri konon dipakai karena saat menggoreng tahu, terdengar suara pletok ... pletok dari wajan. Suara ini karena letupan adonan aci yang terkena minyak panas.Akibatnya permukaan tahu menjadi sedikit bergelombang atau keriting. Untuk menikmati makanan ini haruslah dalam keadaan panas-panas, sehingga saat dinikmati lapisan kanjinya renyah dengan rasa gurih plus sedikit aroma bawang. Saat dicocol dengan sambal kecap, rasanya makin uenak tenan! Nah, mau mencicipi tahu pletok atau Slawi? Keduanya sama enaknya! (Dev/Odi)

Sumber: http://meok.detik.com 2 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts