Menikmati Ikan Bakar Resto Pesona Laut

Tangerang, Banten - Tenang dan nyaman. Kesan itulah yang pertama kali akan dirasakan pengunjung saat tiba di Restoran Pesona Laut Jalan KH Hasyim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang. Lokasinya yang berada di tengah kawasan padat penduduk sama sekali tidak membuat restoran yang terkenal dengan sebutan rajanya ikan bakar itu menjadi sumpek. Maklum saja, restoran yang beroperasi sejak November 2008 lalu itu berdiri di atas lahan seluas 950 meter persegi. Dan, kini di atas lahan itu telah berdiri sebanyak 43 unit saung ditambah sebuah ruangan VIP yang siap melayani setiap pengunjung yang datang.

Sebenarnya apa sajakah menu andalan restoran ini? Dan, benarkah rasa istimewa dari menu andalan yang disajikan restoran ini sesuai dengan nama besarnya sebagai rajanya ikan bakar? Adakah resep khusus yang digunakan koki dalam memanjakan selera makan pengunjungnya?

Juru bicara Restoran Pesona Laut, Kartono, menyatakan bahwa setidaknya ada lima jenis masakan ikan laut yang menjadi andalan restoran tersebut, di antaranya adalah ikan baronang bakar, bawal bakar, kerapu bakar, dan kue bakar. Guna menemani aneka menu ikan bakar itu juga disiapkan aneka sayuran, seperti kailan, capcai, cah kangkung, dan cah jamur.

“Rahasia di balik kenikmatan ikan bakar di sini adalah sambal kecapnya. Dan, seluruh ikan bakar yang disajikan di sini hanya akan ditemani oleh sambal kecap khas Jawa Tengah, sedangkan aneka sayuran disajikan untuk lebih menggugah selera,” ujar Kartono.

Meski berjuluk sebagai “rajanya ikan bakar”, bukan berarti tidak ada menu lain di restoran ini. Sebagimana sajian menu di tempat lain, di Resto Pesona Laut juga disajikan aneka menu lain yang tak kalah menarik, seperti Kepiting Saos Tiram dan Kepiting Saos Padang.

Sementara itu, guna menemani kelezatan makanan, disiapkan aneka minuman, mulai dari aneka jus hingga minuman botol dan air mineral. Resto ini beroperasi selama 12 jam penuh, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Untuk lebih memanjakan pengunjung, setiap weekend pihak pengelola juga menyuguhkan hiburan berupa live music.

Tentang harga, Kartono menambahkan, untuk ikan baronang (goreng/bakar) dihargai Rp 7.500 per ons, bawal bakar (goreng/bakar) Rp 7.500 per ons, kerapu bakar (goreng/bakar) Rp 7.500 per ons, kue bakar (goreng/bakar) Rp 7.500 per ons, dan nila (cobek/asam manis/asam pedas) Rp 7.000 per ons.

Konsep Lesehan
Meski terbilang cukup mewah, Restoran Pesona Laut justru memliki konsep sederhana. Terlihat dari lokasi yang ada, lebih didominasi oleh saung yang memiliki konsep makan lesehan. “Pemilik restoran ini adalah Ir Sudarto, asal Pati, Jawa Tengah. Mengacu dari pendidikannya, Ir Sudarto boleh dibilang sebagai orang yang cukup modern dengan wawasan luas. Namun, dia juga penganut adat-istiadat keratonan. Buktinya, resto ini lebih didominasi saung terbuka dengan konsep lesehan,” ujar Kartono.

Dia menjelaskan, sampai saat ini Restoran Pesona Laut milik Sudarto sudah berdiri di lima lokasi. Restoran Pesona Laut pertama berdiri di Indramayu, kemudian disusul Cirebon, Bekasi, Sentul, dan terakhir Tangerang. “Pemilik menargetkan, setiap tahun akan berupaya membuka di lokasi berbeda dan seluruh restoran yang kini ada memiliki konsep serupa,” katanya. (Parluhutan Gultom)

-

Arsip Blog

Recent Posts