Menyambut Festival Perairan Pulau Makasar

Baubau, Sulawesi Selatan - Mendekati perayaan Festival Perairan Pulau Makasar (Puma) yang rencananya akan digelar 18 sampai 21 Juli 2009, masyarakat Puma sibuk membuat perahu untuk mengangkut pengunjung yang ingin melihat pesona Pantai Lakurapu di Pulau Makasar. Salah seorang spesialis pembuat kapal, Rusman, mengungkapkan, akan membuat sedikitnya 20 buah kapal. Meskipun hari perayaan festival tinggal sebulan lagi namun dia mengaku mampu menyelesaikan semua kapal yang diborongnya.

"Ini sudah hampir selesai semua tinggal tiga lagi trus kita tinggal cet saja, tapi ada juga sebagian yang sudah di cat," ungkapnya. Di tempat yang sama, salah seorang pengusaha jasa pengangkut kapal, Hanan, mengatakan, pendapatan jasa angkutan kapal jurusan Baubau-Puma biasanya mencapai Rp 100 sampai Rp 200 ribu per hari. Namun pada perayaan festival Perairan Puma pendapatannya meroket. "Pendapatan saya pada perayaan festival Puma tahun lalu mencapai Rp 7 sampai 8 juta," ungkapnya.

Menurut pengamatan, di sepanjang Pantai Lakurapu sedikitnya ada 5 hingga 6 orang warga Puma yang sedang menyelesaikan perahu yang mampu memuat 20 orang penumpang sekali jalan. Untuk meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Puma, Hanan menyarankan agar bagian laut tidak jauh dari tepi pantai dapat dibuatkan tempat terjun para penyelam. (m2/ard)

Sumber: http://www.radarbuton.com 9 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts