Merak Belantung, Wisata Andalan Lampung Selatan

Lampung Selatan - Satu kawasan wisata andalan di Lampung Selatan adalah Merak Belantung. Travellers Krakatoa Nirwana Resort menjadi mahkota kawasan itu. Beberapa tempat rekreasi rakyat juga tersedia. Ceruk Teluk Merak Belantung seperti keinginan laut biru mendekatkan diri dengan penduduk. Air jernih itu menggantung di wilayah itu dengan garis pantai berpasir putih. Sayang, di ujung ceruk terdapat bangunan tambak yang merangsek pantai sehingga memutus bentuk oval pantai yang indah.

Kawasan ini menjadi daerah pariwisata utama di Lampung. Berada di Kilometer 45 Jalinsum Kalianda, area ini berada di sisi kanan dari arah Bandar Lampung. Jarak dari jalinsum sekitar tiga kilometer dengan jalan aspal mulus membelasak belukar nan asri.

Tanda-tanda bahwa daerah itu sebagai kawasan wisata adalah beberapa papan nama tempat berlibur dan berwisata, juga slogan-slogan pemerintah tentang pariwisata. Ada beberapa media outdoor yang mengingatkan tentang tujuh sikap pokok menyambut wisatawan Saptapesona. Juga logo-logo penyambutan atas pencanangan tahun 2009 sebagai tahun kunjungan wisata ke Lampung (Visit Lampung Year 2009) dengan slogan “Your Second Home”-nya.

Memasuki jalan itu, beberapa pantai untuk rekreasi keluarga sudah menyambut sejak kilometer pertama jalan masuk. Di antaranya Pantai Bagus, Pantai Merak Belantung, Pantai Sapenan, dan beberapa lagi. Ada pula beberapa resort yang dimiliki pribadi kalangan berpunya. Dan, Travelers Nirwana Krakatoa Resort menjadi "menu" utama kawasan itu.

Keberadaan beberapa tempat wisata ini mengakomodasi semua kalangan masuk kawasan. Bagi warga yang hanya ingin menikmati debur ombak, bermain pasir, menadah belai angin laut, makan bersama di pondok-pondok atau di bawah pohon, atau berenang, bisa masuk ke beberapa tempat hiburan rakyat dengan beberapa pilihan di sepanjang jalan.

Keceriaan permainan itu dapat dinikmati karena alam di lokasi itu menyediakan dengan indahnya. Posisinya yang berada di ceruk teluk membuat air laut di pantai ini relatif aman untuk anak-anak berenang. Meskipun tetap harus dalam pengawasan orang dewasa. Laut yang berhadapan dengan pulau-pulau menjadikan alun besar sudah ditaklukkan sebelum menghempas pantai. Namun, kejernihan air di pantai ini masih cukup terjaga.

Pemandangan ke arah laut juga tidak selepas pantai yang berhadapan dengan samudera. Di depan posisi pantai, terlihat kelebat Kota Kalianda melalui pemancar-pemancar alat komunikasi dan beberapa gedung yang tampak. Ke arah kanan, meski tidak terlihat langsung, Gunung Anak Krakatau bisa diakses mata jika cuaca sedang baik. Jika berminat, ada misi perjalanan menuju gunung yang aktif sepanjang tahun itu dengan speedboat.

Tarif untuk masuk ke lokasi-lokasi pelesiran di pantai itu relatif murah. Yakni, antara Rp5.000--Rp10 ribu. Di dalam lokasi yang dikelola sederhana itu umumnya membiarkan suasana alamiah sebagai keunggulan. Namun, beberapa pondokan dan fasilitas penunjang juga disiapkan pengelola.

Pada momen-momen tertentu, terutama saat-saat pergantian tahun dan hari raya, pengelola mengemas beberapa paket hiburan dengan unsur kemeriahan sebagai jualan. Tak heran jika pada hari-hari libur seperti itu, kawasan wisata andalan Lampung Selatan ini dibanjir pengunjung dari luar kota, bahkan dari luar provinsi. (Sudarmono)

Sumber: http://www.lampungpost.com 25 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts