Naksir Batik, Ibu Negara Ceko Ingin ke RI

Praha, Ceko - Ibu Negara Ceko, Livia Klausova, mengaku tak sabar lagi ingin mengunjungi Indonesia tahun depan bersama suaminya, Presiden Vaclav Klaus. Rupanya, dia penasaran dengan kain-kain tradisional seperti batik dan tenun Sumba.

Demikian ungkap Duta Besar Indonesia untuk Ceko, Emeria Siregar. "Ibu Negara Ceko nampak terkesan dengan beragam gaun dan baju batik yang dikenakan para penjaga anjungan Indonesia yang berhiaskan payung Bali, kain tenun Sumba dan wayang golek," kata Siregar.

Kesan itu diungkapkan Klausova kepada Siregar saat mengunjungi anjungan Indonesia di acara "International Christmas Bazaar" di Praha, Minggu 28 November 2010. Pada acara itu, Klausova juga membeli beberapa hasil kerajinan tangan dari Indonesia. Dia pun kian senang setelah menerima cinderamata berupa syal batik sutera berwarna hitam emas dari Dubes RI.

Maka, menurut Siregar, Klausova menyampaikan keinginannya untuk diajak berkunjung ke Indonesia oleh suaminya tahun depan. Pada pameran tahun ini, Darma Wanita KBRI Praha dan masyarakat Indonesia di Ceko menjual berbagai barang tradisional.

Selain aneka barang dari batik seperti baju, taplak meja, pernak-pernik perhiasan, juga dijual barang-barang dari tenun seperti kain dan tas. Makanan Indonesia seperti nasi kuning, nasi goreng, lemper, martabak, tahu isi dan ketan hitam juga laris dibeli oleh para pengunjung.

Menurut pejabat bidang Ekonomi KBRI Praha, Guntur Setyawan, bazar amal yang diselenggarakan oleh asosiasi isteri diplomat di Ceko ini diikuti lebih dari 40 negara dan beberapa organisasi internasional termasuk UNICEF.

Acara tahunan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Praha. Ratusan orang hadir dan antusias membeli barang khas dari berbagai negara. (umi)

-

Arsip Blog

Recent Posts