Nikmati Nendangnya Tongseng Pacitan di Batam

Batam, Kep. Riau - Kalau mau makan tongseng kambing khas Pacitan tidak harus ke Pacitan, di Batam, Kepulauan Riau, ternyata juga ada. Sedapnya, tongseng kambing yang satu ini tetap berasa Pacitan banget. Di Batam, ada warung tenda Ibu Ani. Lokasinya ada di depan Ruko Cikitsu, Batam Centre. Di warung tenda ini, aneka menu khas Pacitan tersedia. Mulai dari tongseng kambing, sate kambing, sate ayam, gulai kambing dan gulai ayam. Statusnya full angin, khas kaki lima. Tapi, Biarpun kaki lima, menu-menunya banyak diburu pecinta kuliner, khususnya penyuka tongseng kambing khas Pacitan.

Warung tenda milik Bu Ani ini biasanya baru mulai buka sore hari. Tempatnya berjajar dengan beberapa warung tenda kaki lima lain. Tapi, bagi yang baru pertama kali mengunjungi, mencari lokasinya tidak terlalu sulit. Posisinya strategis, pas di pertigaan jalan besar dekat gerbang perumahan Cikitsu-Batam Centre. Selain harganya yang ramah, menu-menu yang ditawarkan juga mulai disukai pelanggan. Padahal, warung tenda Bu Ani baru buka beberapa bulan ini.

Coba saja menu tongseng kambingnya. Satu porsi cuma seharga 15 ribu rupiah. Rasa tongseng buatan Bu Ani nendang. Bumbu rempahnya terasa dengan potongan daging kambing yang terasa gurih. Rada-rada manis, khas masakan Jawa. Pedasnya bersumber dari bumbu merica dengan porsi yang cukup. Beberapa warga Jawa Pacitan yang kebetulan sedang makan di sana mengaku, tongseng Bu Ani tidak beda dengan tongseng kambing asal Pacitan yang biasa mereka santap di kampung halaman.

Mau coba menu lain? Pengunjung bisa menyantap menu gulai kambing. Ditemani nasi putih yang hangat, menu gulai kambing cocok disantap sebagai santapan makan malam keluarga. Sebagai variasi, biasanya gulai kambing cocok dipadukan dengan sate kambing bumbu kacang atau kecap. Habis menyantapnya, keringat biasanya langsung bercucuran.

Bila ingin menjajal nikmatnya jajanan kaki lima dengan suasana asyik, anda bisa memasukkan warung tenda Bu Ani Pacitan ini dalam daftar tempat kuliner yang perlu dicoba. Warung tenda ini biasa beroperasi mulai pukul 17.00 sore hingga pukul 21.00 malam setiap hari.

Sumber: http://batampos.co.id 1 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts